Wanita

5 Alasan Kenapa Produksi ASI Sedikit, Beserta Cara Mengatasinya

Berikut penyebab produksi ASI menurun.

Dany Garjito | Yuliana Sere

Penyebab produksi ASI menurun. (Abbott Nutrition)
Penyebab produksi ASI menurun. (Abbott Nutrition)

Himedik.com - Produksi ASI berbeda-beda bagi setiap ibu. Beberapa ada yang lancar namun tak sedikit juga yang mengalami penurunan jumlah ASI.

Banyak faktor yang bisa membuat penurunan suplai ASI. Berikut beberapa penyebab umum produksi ASI yang rendah, dilansir HiMedik.com dari todaysparent.

1. Jaringan kelenjar tidak mencukupi

Sebagian payudara wanita tidak berkembang secara normal (karena berbagai alasan) dan mungkin tidak memiliki cukup saluran 'pembuatan susu' untuk memenuhi kebutuhan bayi.

Langkah yang biasanya diambil adalah dengan memompa ASI atau meminum obat yang diresepkan dokter agar ASI kembali lancar.

2. Masalah hormonal atau endokrin

Masalah seperti sindrom ovarium polikistik (PCOS), tiroid rendah atau tinggi, diabetes, hipertensi dan masalah hormonal sangat berkontribusi terhadap produksi ASI yang rendah.

Segera konsultasikan ke klinik menyusui atau konsultan laktasi.

Tips menyusui bayi di depan umum. (Mumsnet)
Tips menyusui bayi di depan umum. (Mumsnet)

3. Operasi payudara sebelumnya

Operasi payudara dapat dilakukan untuk beberapa alasan. Nipple piercings juga dianggap sebagai semacam operasi payudara dan dapat merusak saluran susu di puting. Dua tindakan ini bisa memengaruhi produksi ASI.

4. Menggunakan kontrasepsi hormonal

Pil KB maupun suntikan hormonal bisa sangat sensitif pada beberapa wanita. Ini bisa saja menyebabkan penurunan produksi ASI.

Langkah yang bisa diambil untuk meningkatkan suplai ASI adalah menghentikan kontrasepsi dan beralih ke kontrasepsi lain, tetapi harus dibicarakan terlebih dahulu dengan dokter ya.

5. Mengonsumsi obat herbal tertentu

Pseudoephredine, methergine, bromocriptine, peterseli atau peppermint dapat memengaruhi produksi ASI.

Jika kamu merasakan adanya penurunan suplai ASI dan telah mengonsumsi salah satu obat yang tercantum di sini, segera tanyakan pada dokter obat alternatif lain yang bisa kamu minum.

Segera setelah produksi ASI menurun, konsultasikan hal ini ke dokter sebab ASI sangat penting untuk sistem kekebalan tubuh bayi.

Berita Terkait

Berita Terkini