Wanita

Wanita, Ketahui Penyebab Telat Haid Yuk!

Gangguan hormonal kerap menyebabkan siklus menstruasi menjadi tidak teratur. Ketahui juga yuk penyebab lainnya!

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

menstruasi tidak teratur (AdobeStock)
menstruasi tidak teratur (AdobeStock)

Himedik.com - Faktor hormonal kerap menjadi penyebab utama mengapa wanita mengalami telat haid. Tak hanya itu, gaya hidup yang tidak baik seperti merokok ternyata juga bisa menyebabkan telat datang bulan lho, girls!

Nah, simak yuk apa saja yang bisa menyebabkan wanita telat datang bulan.

1. Merokok

Perlu kamu ketahui, bahwa nikotin dalam rokok ternyata bisa memengaruhi hormon progesteron dan estrogen. Yang mana keduanya berperan dalam siklus menstruasi. Jadi, kurangi rokok jika tidak ingin siklus menstruasi kamu terganggu.

Minum kopi sambil merokok. (DrinksFeed)
Merokok. (DrinksFeed)

2. Gangguan tiroid

Kelenjar tiroid berperan dalam mengatur metabolisme tubuh. Cara mudah mengetahui kelenjar tiroid yang bermasalah yaitu tubuh merasa sangat lelah, rambut rontok, sensitif terhadap suhu, dan berat badan yang cepat berubah.

Nah, jika kelenjar mengalami masalah maka siklus menstruasi juga bisa terganggu. Untuk mengatasinya kamu bisa konsultasi ke dokter supaya mendapat penanganan.

3. Alat kontrasepsi

Alat kontrasepsi yang disuntik atau ditanam bisa menyebabkan menstruasi telat. Begitu pula pil KB, kandungan progestin dan estrogen di dalamnya mampu mencegah ovarium melepaskan sel telur. Sehingga butuh waktu mencapai enam bukan supaya siklus haid bisa kembali seperti sedia kala.

4. Stres

Saat sedang stres, hipotalamus dan hormon yang bertanggung jawab mengatur siklus haid akan terganggu. Hal tersebut dapat menyebabkan naik turunnya berat badan.

Ilustrasi stres. (shutterstock)
Ilustrasi stres. (shutterstock)

Agar stres segera membaik, disarankan rutin berolahraga, melakukan relaksasi, dan memperbaiki gaya hidup. Dengan begitu siklus haid juga tidak akan terganggu.

5. Berat badan kurang

Perlu kamu tahu nih, bahwa ovulasi dan fungsi tubuh akan terganggu jika beratmu kurang 10 persen dari berat badan ideal. Jadi, mulai sekarang perbaiki pola makan supaya berat badanmu ideal.

Ketika mengalami gangguan menstruasi seperti siklus haid yang tidak beraturan atau sering telat datang bulan jangan ragu untuk konsultasi ke dokter. Dikhawatirkan adanya masalah serius yang membahayakan kesehatan.

Berita Terkait

Berita Terkini