Wanita

Apa Itu Kehamilan Geriatri dan Berbahayakah?

Belum banyak orang terutama perempuan tahu tentang kehamilan geriatri, karenanya informasi ini penting untuk dibaca.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Kehamilan geriatri. (Scary Mommy)
Kehamilan geriatri. (Scary Mommy)

Himedik.com - Istilah kehamilan geriatri mungkin masih asing di telinga sebagian orang. Sederhananya, kehamilan ini adalah kehamilan yang terjadi pada wanita di atas usia 35 tahun.

Satu contoh artis yang mengalami kehamilan geriatri adalah Halle Berry. Aktris sekaligus mantan model dan ratu kecantikan berkebangsaan Amerika Serikat itu mengandung pada usia 47 tahun.

Dari laman Dailymail, Halle Berry mengatakan tak percaya di umurnya yang memasuki fase transisi menuju menopause masih bisa mengandung. Ia menganggap kehamilannya itu sebuah mukjizat.

Berbicara soal kehamilan geriatri, sebuah laporan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika (CDC) mencatat bahwa lebih banyak wanita memilih untuk memiliki anak di kemudian hari, yang berarti bahwa kehamilan usia lanjut sedang meningkat.

Dimulai pada 1970-an, wanita melahirkan bayi pertama mereka pada usia 35 dan 39. Bahkan, seiring berjalannya waktu, bayi pertama dilahirkan ketika mereka menginjak usia 40-an.

Meskipun memiliki bayi di usia pertengahan 30-an adalah hal yang normal, bukan berarti hal ini tidak berisiko. Menurut mayo clinic, wanita yang hamil di atas usia 35 tahun memiliki beberapa risiko, sebagai berikut.

1. Mengidap diabetes gestasional

2. Memiliki tekanan darah tinggi

3. Melahirkan prematur atau memiliki anak dengan berat badan lahir rendah

4. Melahirkan secara caesar

5. Melahirkan bayi dengan kelainan kromosom

6. Keguguran

Halle Berry mengandung di usia 47. (AhlanLive)
Halle Berry mengandung di usia 47 tahun. (AhlanLive)

Di sisi lain, kehamilan geriatri juga memiliki manfaat. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Population and Development Review menemukan bahwa melahirkan di atas usia 35 tahun dapat membuat anak lebih pintar dan lebih tinggi dibandingkan anak-anak yang dilahirkan oleh ibu yang lebih muda.

Selain itu, penelitian terbaru yang diselesaikan di Boston University School of Medicine menetapkan wanita yang memiliki anak di atas usia 33 tahun cenderung hidup lebih lama daripada mereka yang memiliki anak terakhir di usia 29 tahun.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American Geriatrics Society mengatakan wanita yang memiliki anak setelah 35 tahun tidak hanya dapat meningkatkan kekuatan otak, tetapi mencegah kehilangan memori di kemudian hari.

Itulah ulasan mengenai kehamilan geriatri yang kini dialami oleh Halle Berry.

Berita Terkait

Berita Terkini