Wanita

Bikin Tak Percaya, Ini Tujuh Fakta Soal Puting Wanita, Simak yuk!

Wow! Kamu pasti tak bakalan menyangka.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Puting wanita. (Kohl's)
Puting wanita. (Kohl's)

Himedik.com - Setiap wanita memiliki bentuk puting yang berbeda-beda. Ada yang berukuran besar, kecil bahkan mengarah ke dalam.

Bentuk puting wanita memang lebih bervariasi dibandingkan laki-laki. Nah, kali ini HiMedik tertarik untuk membahas fakta-fakta unik terkait puting wanita, seperti dikutip dari Womenshealthmag. Yuk disimak!

1. Puting seharusnya berbentuk bergelombang

Menurut Alyssa Dweck MD, di New York, bentuk puting bergelombang dan seperti kawah.

Benjolan di aerola bisa berupa folikel rambut, saluran air atau kelenjar minyak yang menghasilkan cairan pelumas. Menurutnya, ini adalah hal yang normal.

2. Kadang ada puting yang berjumlah tiga

Studi 2012 menuliskan tidak jarang ada wanita atau bahkan pria yang dilahirkan dengan memiliki jumlah puting lebih dari 2. Puting ekstra ini menyerupai tahi lalat.

Mereka tidak pernah berkembang menyerupai tahi lalat sebenarnya. Menurut National Institutes of Health, mereka dapat muncul di manapun di bagian tubuh.

Puting wanita. (thisisinsider.com)
Puting wanita. (thisisinsider.com)

3. Puting bisa memiliki panjang hingga beberapa inchi

Menurut Alyssa Dweck, puting wanita dapat menjangkau beberapa inchi. Apalagi selama masa hamil dan pasca kehamilan.

4. Kanker payudara dapat terlihat dari puting susu

Adanya benjolan merah, ruam pada puting susu atau aerola bisa menjadi tanda adanya kanker payudara. Segera konsultasikan dengan dokter.

5. Bisa dalam berbagai warna

Warna yang sering ditemui adalah merah muda pucat, merah bata dan coklat tua. Pigmen puting susu berhubungan dengan etnik masing-masing wanita. Berbeda dengan ukuran, untuk puting biasanya tidak terjadi perubahan, lanjut Dweck.

6. Mengakibatkan orgasme

Studi mengatakan saat puting dirangsang, sejumlah wanita dapat mengalami orgasme. Namun ini hanya terjadi pada sebagian kecil wanita.

7. Salah satu rangsangan bagi wanita

Puting adalah adalah zona erotis bagi sebagian besar wanita, menurut studi tahun 2011 dari Journal of Sexual Medicine.

Riset menemukan saat puting susu dirangsang, pusat kesenangan di dalam otak sama dengan ketika mendapat rangsangan di daerah kemaluan.

Berita Terkait

Berita Terkini