Wanita

10 Cara Menyiapkan Kelahiran: dari Pikiran, Tubuh Sampai Jiwa

Penting buat semua ibu yang akan menjalani kelahiran pertamanya.

Rauhanda Riyantama | Yuliana Sere

Persiapan melahirkan. (Smart Mom Picks)
Persiapan melahirkan. (Smart Mom Picks)

Himedik.com - Untuk kamu yang akan menjadi seorang ibu, ada banyak hal menarik yang harus dilakukan untuk mempersiapkan kelahiran si kecil.

Persiapan-persiapan ini dapat membangun ikatan antara kamu, keluarga dan pastinya dengan si buah hati.

Meski sudah banyak masukan dari keluarga teman maupun sahabat, kamu juga perlu meluangkan waktu untuk mempersiapkan pikiran, tubuh dan jiwa untuk melahirkan.

Pikiran

1. Pelajari tentang persalinan. Banyak wanita merasa cemas atau takut tentang persalinan karena mereka belum pernah mengalami sebelumnya.

Belajar tentang proses melahirkan yang sebenarnya, apa yang terjadi pada tubuh dan bayi dapat membantu menghilangkan atau mengurangi rasa takut.

Belajar sebanyak mungkin, misalnya dari membaca buku atau menonton video.

2. Pelajari tentang jenis kelahiran yang telah kamu rencanakan. Jika kamu ingin melahirkan melalui operasi caesar, pelajari juga tentang proses pemulihan.

3. Bicarakan dengan dokter tentang pilihan untuk mengecilkan risiko sakit, misalnya dengan kelahiran dalam air, soal teknik pernapasan dll. Ini untuk mempermudah proses persalinan.

4. Bertanya. Tanyakan pada dokter setiap pertanyaan, apa pun itu.

Persiapan melahirkan. (FirstCry Parenting)
Persiapan melahirkan. (FirstCry Parenting)

Tubuh

1. Olahraga selama kehamilan. Olahraga dengan pengawasan dokter membuat kamu dan bayi sehat. Ini bisa juga membantu mengurangi stres.

Olahraga seperti yoga dan zumba juga bisa kamu ikuti untuk mempersiapkan tubuh ketika proses melahirkan.

2. Siapkan segala sesuatu setidaknya dua minggu sebelum tanggal melahirkan. Bikin daftar barang-barang apa saja yang akan kamu butuhkan dari proses melahirkan sampai selesai persalinan.

3. Preregistrasi di rumah sakit. Sebagian besar rumah sakit menawarkan preregistrasi. Ini menghemat waktu ketika tiba di rumah sakit saat ingin bersalin.

Jiwa

1. Kenali rumah sakit yang akan dijadikan tempat bersalin. Rumah sakit saat ini juga menawarkan tur di bangsal bersalin.

Kamu akan merasa lebih nyaman karena mengenal tempat di mana kamu akan melahirkan bayi.

2. Bikin hubungan yang nyaman dengan pegawai di layanan kesehatan. Para dokter, bidan atau perawat akan menjadi pendukungmu selama persalinan. Pastikan kamu merasa nyaman dengan mereka.

3. Punya teman di ruang bersalin. Entah itu ibu, suami, saudara perempuan atau teman, sangat penting untuk mendukungmu di ruang bersalin.

Ingat itu hanya sebagai permulaan. Kamu akan merasa sangat takjub ketika seorang bayi kecil dengan cepat mencairkan jam-jam kesakitan yang baru kamu lalui.

Berita Terkait

Berita Terkini