Wanita

Trik Ampuh Langsingkan Badan Usai Melahirkan

Sebanyak 50% wanita Indonesia mengalami obesitas setelah melahirkan.

Galih Priatmojo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi berat badan berlebih. (iStock)
Ilustrasi berat badan berlebih. (iStock)

Himedik.com - Kehamilan membuat tubuh melar dan bengkak sana sini. Selama janin berkembang dengan baik, hal tersebut tidak menjadi masalah bagi para ibu.

Masalah dimulai ketika bayi sudah lahir. Para ibu mulai keluhkan bentuk badannya yang tidak bisa kembali seperti semula. Bahkan menurut data yang ada, sebanyak 50% wanita Indonesia mengalami obesitas setelah melahirkan.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami masalah di atas, berikut ada trik ampun supaya badan kamu langsing seperti sedia kala.

1. Menjaga asupan makan
Menurut dr. Dyah Novita Anggraini, mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang lebih baik daripada melakukan diet ketat. Lebih lanjut ia mengatakan, pemilihan camilan sehat seperti biskuit gandum, buah segar, serta yoghurt dan susu rendah lemak ini sangat disarankan.

Meski demikian jaga asupan kalori, karena ibu masih dalam tahap menyusui. Baru setelah masa menyusui selesai, ibu bisa mengurangi 500-700 kalori per hari untuk menurunkan 0.5 kg per minggu.

Yogurt (lovingitvegan)
Yogurt (lovingitvegan)

2. Menyusui
Menurut dr. Grace Valentine memberikan ASI secara langsung pada bayi bisa membakar 425-700 kalori dalam sehari.

Sejalan dengan itu organisasi menyusui internasional bernama La Leche menjelaskan bahwa wanita yang memberikan ASI ekslulsif cenderung mengalami penurunan berat badan lebih banyak pada kurun waktu 3-6 minggu setelah persalinan.

Tips menyusui bayi di depan umum. (Mumsnet)
Menyusui. (Mumsnet)

3. Menggendong
Melansir dari Babyologist, menggendong bayi tak hanya membantu menidurkan dan mempererat hubungan ibu dengan anak, tapi juga sekaligus meningkatkan proses metabolisme tubuh.

4. Olahraga
Usaha yang kamu lakukan tidak akan membuahkan hasil yang optimal jika tidak dibarengi dengan olahraga. Tidak perlu lama, yang penting rutinlah berolahraga di sel-sela kesibukan.

Minimal berolahragalah selama 30 hingga 60 menit dan lakukan minimal 3 kali setiap minggu. Olahraga yang bisa kamu lakukan di rumah tanpa meninggalkan si kecil di antaranya yoga atau senam aerobik.

Dalam proses mengembalikan bentuk tubuh usai melahirkan seperti sedia kala memang membutuhkan waktu yang lama. Jadi kamu harus bersabar dan telaten dalam melakukan proses penurunan berat badan.

Berita Terkait

Berita Terkini