Wanita

Sedang Hamil? Ini 6 Tanda Utama Kamu Memiliki Bayi Perempuan

Lihat yuk mom.

Dinar Surya Oktarini | Yuliana Sere

USG. (doctissimo.fr)
USG. (doctissimo.fr)

Himedik.com - Kesempatan terbaik untuk mengetahui jenis kelamin bayi adalah ketika dokter melakukan scan ultrasonografi atau USG pada kehamilan minggu ke 20.

Dokter akan melihat alat kelamin bayi selama pemindaian untuk menentukan jenis kelamin mereka.

Ini biasanya akurat tetapi tidak selalu karena banyak hal yang dapat mengaburkan gambar ultrasound.

Disamping itu, kamu juga bisa mengetahui jenis kelamin bayi yang kamu kandung melalui beberapa tanda yang telah dirangkum Himedik.

1. Morning sickness

Kamu yang mengalami morning sickness ekstrem menjadi salah satu tanda bayi yang dikandung adalah perempuan.

Sebuah studi 2017 menemukan wanita yang lebih banyak mengalami peradangan cenderung mengandung anak perempuan dibandingkan mereka yang sedikit bahkan jarang mengalami peradangan.

2. Perubahan suasana hati yang ekstrem

Perubahan hormonal selama kehamilan sering dapat menyebabkan perubahan suasana hati. Kamu yang mengandung anak perempuan memiliki tingkat estrogen yang lebih tinggi.

Namun, beberapa penelitian tidak mendukung pernyataan ini. Kadar hormon meningkat selama kehamilan terlepas dari apakah bayinya laki-laki atau perempuan.

USG. (impoqrik.am)
USG. (impoqrik.am)

3. Kenaikan berat badan di tengah kehamilan

Jika kamu mengalami kenaikan berat badan di tengah kehamilan, ini berarti anak yang kamu kandung adalah perempuan.

Dilansir dari medicalnewstoday, bukti ilmiah tidak mendukung teori ini. Seorang wanita akan bertambah berat badannya tergantung pada tipe tubuhnya.

4. Ngidam gula

Ngidam mengonsumsi sesuatu yang manis biasanya identik dengan kehamilan anak perempuan. Sedangkan ngidam makanan asin, identik dengan anak laki-laki.

Sekali lagi dari hasil pantauan HiMedik, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan ngidam makanan selama kehamilan dapat mengindikasikan jenis kelamin bayi.

5. Tingkat stres

Jika kamu memiliki tingkat stres yang tinggi sebelum hamil, kamu mungkin mengandung anak perempuan.

Sebuah studi 2012 menemukan hubungan antara kadar hormon stres kortisol dan rasio kelahiran bayi laki-laki dan perempuan.

Dalam penelitian ini, wanita dengan kadar kortisol tinggi secara statistik lebih cenderung memiliki anak perempuan.

6. Kulit berminyak dan rambut kusam

Beberapa orang percaya bahwa memiliki kulit berminyak dan rambut kusam bisa berarti kamu sedang mengandung seorang anak perempuan.

Namun, keyakinan ini tidak berdasarkan penelitian ilmiah. Di sisi lain, perubahan produksi minyak atau penampilan rambut selama kehamilan mungkin berhubungan dengan perubahan hormon atau perubahan dalam diet.

Beberapa penelitian memang masih harus diperlukan untuk melihat jenis kelamin bayi dari tanda-tanda yang kamu alami sehari-hari.

Terlepas dari itu, kamu harus tetap menjaga kesehatan bayi ya dengan menjaga asupan makanan sehatmu.

Berita Terkait

Berita Terkini