Wanita

Soda Bikin Menstruasi Lancar, Benarkah?

Faktanya minuman bersoda bikin gejala PMS menjadi lebih parah dari biasanya.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

MInuman bersoda/unsplash
MInuman bersoda/unsplash

Himedik.com - Banyak orang bilang kalau minum soda bikin darah haid lancar dan mengalir deras. Entah dari mana informasi tersebut berasal, tapi kenyataannya soda merupakan minuman tinggi gula yang tidak baik untuk kesehatan.

Lagipula, belum ada penelitian medis yang membuktikan bahwa minum minuman bersoda bisa bikin menstruasi lancar. Di sisi lain, minuman berkafein (termasuk soda yang mana juga mengandung kafein) malah dapat memperburuk gejala tidak nyaman saat menstruasi.

Bahkan menurut dr. Joseph Mercola, konsumsi minuman yang tinggi kafein berhubungan dengan tingginya kadar estrogen, yang meningkatkan risiko kanker endometrium dan kanker payudara.

MInuman bersoda/unsplash
MInuman bersoda/unsplash

Selain itu, minuman berkafein juga berkaitan dengan peningkatan frekuensi dan gejala dari PMS (pre-menstrual syndrome). Telah terbukti wanita yang rutin mengonsumsi minuman bersoda mengalami gejala PMS yang lebih dari biasanya, jika dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi soda sama sekali.

Kesimpulannya, soda bikin menstruasi lancar itu tidak benar. Justru kandungan kafein dalam soda akan membuat gejala PMS seperti kram, pusing, dan lain sebagainya menjadi lebih parah.

Nah, jika kamu mengalami menstruasi yang tidak lancar sebaiknya langsung hubungi dokter. Jangan termakan informasi-informasi yang belum jelas kebenaran dan asal usulnya.

Berita Terkait

Berita Terkini