Wanita

Mitos atau Fakta, Air Kelapa Bisa Lancarkan Menstruasi

Faktanya, minum air kelapa bisa redakan gejala PMS.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Air kelapa. (pixabay)
Air kelapa. (pixabay)

Himedik.com - Liburan dan berjemur di tepi pantai, memang paling nikmat menyeruput segelas air kelapa dingin. Rasanya yang manis dan menyegarkan tentu bisa melepaskan dahaga dengan sekejap.

Terlepas dari hal itu, ada informasi yang beredar bahwa minum air kelapa dapat membuat menstruasi lancar. Benarkah atau hanya mitos belaka? Mari kita ulik bersama.

Faktanya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa minum air kelapa bisa bikin darah haid lancar. Tapi yang jelas banyak manfaat yang akan didapatkan jika rutin konsumsi air kelapa. Salah satunya yaitu mengatur fungsi jantung.

Selain itu, minuman yang tinggi elektrolit dan rendah kalori serta gula ini juga dapat membantu menjaga fungsi otot dan pencernaan. Minuman ini juga cocok dijadikan pengganti air ketika kamu mengalami dehidrasi atau kehilangan banyak cairan tubuh akibat diare.

Air kelapa. (pixabay)
Air kelapa. (pixabay)

Bahkan kandungan nutrisinya yang cukup banyak seperti vitamin B kompleks, vitamin C, kalsium, magnesium, seng, zat besi, dan mangan juga menjadikannya sebagai minuman yang baik dikonsumsi selama haid karena bisa membantu meredakan gejala PMS seperti nyeri perut.

Intinya, air kelapa bisa perlancar menstruasi itu hanya mitos belaka. Tidak ada bahaya atau efek yang akan ditimbulkan. Minum air kelapa ketika haid justru bisa meredakan gejala PMS.

Jadi pintar-pintar dalam menyerap informasi yang beredar ya! Semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini