Wanita

Lima Manfaat Menakjukban Beri Bayi ASI Eksklusif

Tak hanya bermanfaat bagi si kecil, beri ASI eksklusif juga bermanfaat bagi sang ibu.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi menyusui. (pixabay)
Ilustrasi menyusui. (pixabay)

Himedik.com - ASI eksklusif diberikan pada bayi sejak lahir hingga berumur enam bulan tanpa tambahan asupan apapun. Air susu yang diproduksi alami oleh tubuh ini mengandung banyak nutrisi yang berperan penting dalam tumbuh kembang bayi dan komposisinya lebih mudah dicerna dibandingkan susu formula.

Tak hanya bagi bayi, beri ASI eksklusif juga bermanfaat bagi ibu lho. Berikut telah dirangkum manfaat ASI eksklusif untuk bayi dan ibu.

1. Meningkatkan sistem imun

ASI mengandung zat antibodi yang membentuk sistem imun tubuh. Sehingga bayi yang diberi asupan ASI memiliki risiko lebih kecil terkena serangan beragam penyakit sepeti alergi, infeksi, meningitis, sindrom kematian bayi mendadak, dan lain-lain.

Bahkan pemberian ASI eksklusif juga menurunkan risiko bayi mengalami diabetes tipe 2 dan obesitas di kemudian hati, dibandingkan dengan bayi yang tidak diberi ASI.

2. Meningkatkan kecerdasan si kecil

Menurut para ahli, asam lemak yang terdapat pada ASI berperan penting dalam kecerdasan otak bayi. Bahkan menurut beberapa penelitian, bayi yang memperoleh asupan ASI eksklusif memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi.

Ilustrasi bayi cerdas. (pixabay)
Ilustrasi bayi cerdas. (pixabay)

3. Memperkuat tulang

ASI eksklusif berperan penting dalam menunjang pertumbuhan tulang bayi. Bayi yang diberi ASI minimal selama tiga bulan memiliki tulang belakang dan tulang leher yang lebih kuat dibandingkan dengan bayi yang diberi ASI kurang dari tiga bulan.

4. Mengurangi perdarahan pada ibu

Hormon oksitosin yang keluar ketika menyusui dapat membantu rahim berkontraksi sehingga mampu mengurangi risiko perdarahan setelah persalinan. Hal ini juga sekaligus mempercepat mengembalikan bentuk rahim seperti sedia kala.

5. Menurunkan berat badan

Hamil bikin badan melar dan setelah melahirkan butuh usaha ekstra untuk mengembalikan berat badan seperti semula. Di satu sisi si kecil juga butuh nutrisi dari ASI, kalau bunda kurang makan produksi ASI jadi tak lancar.

Nah, tidak perlu khawatir bun. Meski masih membutuhkan penelitian lanjutan, menyusui juga dapat membakar kalori lho. Jadi, diet sambil tetap menyusui tentunya akan memberikan hasil yang lebih memuaskan.

Nah, dengan melihat manfaat ASI eksklusif di atas, bunda masih mau malas-malasan nih beri si kecil ASI? Tak hanya sehat di badan bunda dan bayi, menyusui juga bikin sehat kantong dong.

Berita Terkait

Berita Terkini