Wanita

Langka, Implan Payudara Wanita Ini Terinfeksi Salmonella

Pemeriksaan lanjutan memastikan ada infeksi salmonella, bakteri yang biasanya memicu gangguan pencernaan.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi operasi implan payudara. (unsplash)
Ilustrasi operasi implan payudara. (unsplash)

Himedik.com - Seperti metode operasi pada umumnya, implan payudara juga berisiko tinggi terkena infeksi. Namun, ada sebuah kasus mengerikan yang mengharuskan implan payudara diangkat kembali karena terinfeksi bakteri salmonella.

Hal itu dialami oleh salah satu wanita asal Nebraska, Amerika. Dilansir dari Daily Mail, wanita berusia 34 tahun yang enggan disebut namanya itu menjalani pemasangan implan payudara lima bulan sebelum bepergian ke Cancun, Meksiko.

Di tengah asyiknya berlibur, ia mengalami nyeri lambung disertai demam. Dokter mendiagnosis dirinya mengalami travelers diarrhea.

Gangguan kesehatan ini umum dialami para pelancong, biasanya karena kebersihan makan yang kurang terjaga. Biasa penyakit itu akan sembuh dengan sendirinya, namun lain cerita dengan yang dialami wanita ini.

Sembilan hari setelah kembali ke Nebraska, dia melaporkan gejalanya telah membaik. Namun dua minggu kemudian di mengunjungi klinik di mana ia melakukan implan payudara.

Ia mengeluh sakit dan bengkak di payudara kanannya. Hasil pemindaian dengan ultrasonik menunjukkan ada benjolan berisi cairan di sekitar implan payudara yang dipasangnya beberapa bulan sebelumnya.

Dokter kemudian meresepkan amoxicillin klavulanat, obat kombinasi yang mengobati infeksi bakteri. Tetapi bukannya membaik, tiga hari kemudian, dia kembali dengan abses besar di bagian bawah payudara kanannya dan kulit memerah.

Pemeriksaan lanjutan memastikan ada infeksi salmonella, bakteri yang biasanya memicu gangguan pencernaan. Wanita itu kemudian dibawa ke ruang operasi di mana abses itu diiris dan dikeringkan serta implan payudaranya diangkat. Para ahli bedah mengambil kultur cairan yang menumbuhkan bakteri salmonella.

Infeksi salmonella biasanya terjadi setelah makan daging mentah dan telur atau makanan yang terkontaminasi dengan bakteri. Meski kurang umum, bakteri ini bisa menyebabkan traveller's diarrhea.

Ini adalah kasus pertama diare yang berujung pada infeksi salmonella di implan payudara. Dokter yang menangani menyebut adanya potensi persebaran mikroba melalui aliran darah dalam kasus ini.

Ada penelitian sebelumnya yang telah menunjukkan infeksi salmonella dapat terjadi di luar usus karena kemampuan bakteri untuk hidup dalam suatu jenis sel yang menyerap bakteri, yang kemudian bersirkulasi dalam aliran darah.

Namun Dr. Linder, seorang ahli bedah plastik bersertifikat yang fokus pada kerja tubuh tidak yakin akan hal itu.

''Dalam 21 tahun saya bekerja, saya belum pernah mendengar satu kasus infeksi salmonella di implan,'' katanya kepada Daily Mail.

Hipotesisnya adalah bahwa wanita itu terkontaminasi selama operasi, kemungkinan dari seseorang yang tidak mencuci tangannya sebelum operasi.

Pihak Daily Mail mencoba menghubungi peneliti lainnya, namun sayangnya mereka enggan berkomentar tentang kasus ini.

Artikel terkait dimuat Dewiku.com dengan judul: Kasus Langka, Implan Payudara Wanita Ini Terinfeksi Salmonella

Berita Terkait

Berita Terkini