Wanita

Hypnobirthing, Metode Melahirkan Tanpa Rasa Sakit

Banyak calon ibu yang takut ketika akan melahirkan anak pertamanya. Tak perlu khawatir bun, ada metode hypnobirthing.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ibu hamil. (pixabay)
Ibu hamil. (pixabay)

Himedik.com - Rasa sakit yang muncul saat melahirkan dipicu oleh hormon adrenalin yang timbul karena perasaan takut atau khawatir. Hormon tersebut akan mengurangi aliran darah ke rahim dan sistem pencernaan, dan mengalirkannya ke otot-otot besar di tungkai.

Akibatnya, otot-otot rahim tidak bekerja dengan baik karena kekurangan oksigen dan darah. Tak hanya itu, adrenalin juga membuat tubuh berhenti memproduksi oksitosin, yaitu hormon yang memudahkan persalinan. Serta mengurangi produksi hormon endorfin yang membantu mengurangi rasa sakit dan membuat perasaan lebih baik.

Untuk mengurangi rasa sakit itu, bunda bisa menggunakan metode hypnobirthing, yaitu metode self-hypnosis (hipnotis diri sendiri) dan teknik relaksasi untuk membantu ibu hamil mengurangi ketakutan, kecemasan atau tegang, serta rasa sakit saat persalinan. Metode ini aman dilakukan selama didampingi oleh dokter atau tenaga medis terlatih.

Metode hypnobirthing didasarkan pada kekuatan sugesti. Ibu hamil bisa menggunakan kekuatan pikiaran, video, musik, atau kata-kata positif yang dapat membuat tubuh santai, serta dapat mengendalikan napas saat proses persalinan berlangsung. Misalnya melihat video pemandangan alam, memutar musik suara alam, dan lain sebagainya.

Sebelum melakukan hypnobirthing, ibu hamil dan suami dianjurkan mengikuti kelas kursus hypnobirthing ketika kandungan sudah berusia antara 25 hingga 29 minggu. Pada kelas tersebut bumil akan diajarkan posisi tubuh saat persalinan, self-hypnosis dan relaksasi, hingga teknik bernapas. Selain itu bumil juga disarankan berkonsultasi ke dokter kandungan sebelum memilih metode ini.

Nah, bagaimana moms tertarik untuk mencoba metode hypnobirthing?

Berita Terkait

Berita Terkini