Wanita

Ketahui Beda Bayi Kembar Identik dan Tak Identik

Tak selamanya bayi kembar memiliki paras yang sama persis.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi bayi kembar. (pixabay/1035352)
Ilustrasi bayi kembar. (pixabay/1035352)

Himedik.com - Beberapa pasangan suami istri yang sedang mendambakan buah hati, menginginkan sang istri mengalami kehamilan kembar. Tak dapat dipungkiri, meski mungkin akan kerepotan mengurus dua anak sekaligus, yang jelas bayi kembar memang terlihat sangat menggemaskan.

Tapi perlu kamu tahu, tak selamanya bayi kembar memiliki wajah yang sama. Hal ini karena bayi kembar terbagi menjadi identik dan tidak identik. Berikut ulasan lengkapnya.

1. Bayi kembar identik

Bayi kembar identik akan memilki wajah yang sama dan memiliki jenis kelamin yang sama. Di dalam rahim, biasanya mereka akan berbagi satu plasenta yang sama.

Hal ini karena bayi kembar identik terjadi ketika satu sel sperma membuahi satu sel telur. Lalu sel telur yang telah dibuahi itu akan membelah menjadi dua dan hasilnya adalah janin kembar identik dengan DNA atau gen yang sama.

Ilustrasi kembar identik. (pixabay/badelcap)
Ilustrasi kembar identik. (pixabay/badelcap)

 

2. Bayi kembar tak identik

Dikenal juga dengan istilah kembar fraternal dan lebih umum terjadi daripada kembar identik. Terjadi ketika dua sel sperma membuahi dua sel telur sehingga membuat bayi terlahir dengan paras yang berbeda, gen tidak sama, masing-masing memiliki plasenta, dan jenis kelamin berbeda.

Itulah perbedaan antara kembar identik dan tak identik yang perlu kamu ketahui. Berbeda dengan kembar fraternal yang disebabkan oleh faktor genetik, umumnya kembar identik tidak didasarkan dari faktor keturunan. Bahkan hingga saat ini para ahli juga belum mengetahui penyebab kembar identik bisa terjadi.

Berita Terkait

Berita Terkini