Wanita

Bu Ibu, Ini Lima Tips Aman Menyetir Mobil Saat Hamil

Pun jika terpaksa harus menyetir sendiri, maka diperlukan kewaspadaan dan fokus yang ekstra.

Rauhanda Riyantama

Ambil posisi senyaman mungkin saat menyetir. (babycentre.co.uk)
Ambil posisi senyaman mungkin saat menyetir. (babycentre.co.uk)

Himedik.com - Hidup di zaman yang serba cepat seperti saat ini, membuat seorang wanita dituntut untuk lebih mandiri dan gesit. Meski dalam kondisi hamil sekali pun.

Padahal, wanita yang sedang hamil memiliki kondisi fisik dan psikis yang sensitif. Jalanan yang macet, padat, serta terjal dapat mempengaruhi pikiran dan juga berbahaya bagi kandungan.

Pun jika terpaksa harus menyetir sendiri, maka diperlukan kewaspadaan dan fokus yang ekstra. Tapi jangan khawatir, dirangkum dari Mobimoto.com, berikut lima tips aman menyetir mobil bagi ibu hamil.

1. Perhatikan sikap

Agar lebih aman, duduklah dengan postur tegak namun nyaman. Posisi duduk yang tidak nyaman seperti terlalu condong ke depan dekat dengan dasbor bisa membahayakan kehamilan.

2. Ambil posisi paling relaks

Bu ibu, usahakan menyetir dalam posisi rilaks agar pikiran tetap tenang. Mendengarkan musik atau bernyayi dalam mobil bisa jadi solusinya.

3. Pakai sabuk pengaman

Sebagai tindakan antisipasi, gunakan sabuk pengaman untuk menghindari benturan keras saat rem mendadak.

4. Hindari perjalanan jauh

Hindari melakukan perjalanan jauh. (parents.com)
Hindari melakukan perjalanan jauh. (parents.com)

 

Duduk berjam-jam dengan posisi yang sama, membuat ibu hamil tidak nyaman. Untuk itu, hindari menyetir sendiri saat menempuh perjalanan jauh.

5. Sering-seringlah beristirahat

Jangan memaksa keadaan, jika sudah lelah hentikan kendaraan dan istirahatlah sejenak. Hal ini bisa mengembalikan tenaga bagi wanita yang sedang hamil.

Itulah lima tips bagi ibu hamil yang terbiasa atau terpaksa menyetir mobil sendiri. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya bu ibu!

 

Artikel terkait dimuat Mobimoto.com dengan judul: Moms, Ini Dia Tips Aman Menyetir Mobil saat Hamil

Berita Terkait

Berita Terkini