Wanita

Demi Dapatkan Donor Ginjal, Wanita Ini Rela Mengemis di Twitter

Ia diketahui sedang rutin menjalani dialisis ginjal karena menderita gagal ginjal sejak berusia 18 tahun.

Rauhanda Riyantama

Ilustrasi ginjal. (coastal-mirror.com)
Ilustrasi ginjal. (coastal-mirror.com)

Himedik.com - Sungguh malang nasib wanita ini. Demi mempertahankan hidupnya, ia rela mengemis lewat akun Twitter-nya @missmabh demi mendapatkan donor ginjal

Dilansir dari BBC, wanita bernama Joanne D’Onofrio (46) diketahui sedang rutin menjalani dialisis ginjal (prosedur untuk menggantikan fungsi normal ginjal) karena menderita gagal ginjal sejak berusia 18 tahun.

Pada 1991, wanita asal Newcastle, Inggris ini telah menerima donor ginjal. Namun, kini ginjal tersebut terserang oleh penyakit tubuhnya sehingga ia membutuhkan donor ginjal lainnya. 

Melalui akun Twitter-nya, Joanne mengungkapkan bawah dirinya sedang mencari pendonor ginjal yang memiliki golongan darah O dan jenis ginjal yang pas untuk tubuhnya.

''Saya sangat membutuhkan transplantasi ginjal dan pendonor yang cocok. Sekarang saya sedang berada di ujung jalan, jadi butuh satu donor yang cepat untuk menyelamatkan hidup saya,” tulisnya.

Cuitannya di akun Twitter @missmabh
Cuitannya di akun Twitter @missmabh

Berkat unggahannya di Twitter, cuitannya kini telah dibagikan oleh warganet hingga lebih dari 37 ribu kali dan mendapatkan 14 ribu lebih likes.

Akibatnya, ia pun mangkut terkejut dan kewalahan membalas komentar dari viralnya tweet yang telah ia buat itu. Tweet tersebut ia bagikan pada 6 November. 

''Saya mengunggah tweet itu, dan hasilnya benar-benar gila. Saya harus membalas pesan-pesan pribadi dari 40 atau 50 orang yang ingin menyumbangkan ginjal dari seluruh dunia,'' ungkap wanita yang telah memiliki dua anak itu. 

Terlepas dari kasus tersebut, berdasarkan catatan National Health Service's Blood and Transplant (NHSBT) Inggris, di negara itu ada 940 orang dewasa yang mendonorkan ginjalnya dalam rentang tahun 2017-2018. Sementara itu, di Inggris masih ada 6.199 orang yang menunggu untuk mendapatkan transplantasi organ dan 4.828 orang di antaranya butuh transplantasi ginjal.

Seorang juru bicara NHSBT mengatakan, jika mendapat donor yang cocok, maka transplantasi ginjal ini memang merupakan cara terbaik untuk menghentikan penyakit ginjal para pasien. Jauh lebih baik dibanding menjalani dialisis terus-menerus.

Berita Terkait

Berita Terkini