Wanita

4 Langkah Mudah Mencerahkan Wajah, Tanpa Biaya Sepeser pun!

Mudah, ngga ribet, dan tanpa biaya sepeser pun.

Dinar Surya Oktarini | Dwi Citra Permatasari Sunoto

ilustrasi wajah cerah. (pixabay)
ilustrasi wajah cerah. (pixabay)

Himedik.com - Memiliki wajah putih berseri tentu merupakan dambaan setiap orang. Bahkan, demi memiliki kulit idaman tersebut tidak sedikit orang yang berani menghabiskan uangnya.

Perawatan demi perawatan pun dijalani. Mulai dari konsultasi ke dokter kecantikan hingga menggunakan bahan alami. Berikut telah dirangkum dari berbagai sumber langkah mencerahkan wajah secara alami.

1. Rajin membersihkan wajah

Sederhana tapi penting dilakukan. Wajah yang jarang dibersihkan akan terlihat kusam, Belum lagi jika ada bakteri tertinggal, bisa menyebabkan jerawat berdatangan.

Jadi jangan malas bersihkan wajah ya, terutama ketika akan tidur. Sebagai saran, bersihkan wajah dengan air hangat, karena dengan begitu pori-pori akan melebar sehingga kotoran akan mudah terangkat. Setelah itu baru basuh lagi dengan air dingin, karena air dingin akan menutup pori-pori kembali.

2. Menerapkan gaya hidup sehat

Perlindungan dari luar memang penting, tapi tanpa ada dukungan dari dalam, maka semua usaha bisa berbuah pahit. Kamu bisa memulainya dari ruti berolahraga supaya tubuh tetap bugar dan kulit kencang.

Ilustrasi senam lansia. (pixabay/janeb13)
Ilustrasi olahraga. (pixabay/janeb13)

Selain itu jangan abaikan cairan tubuh dan nutrisi. Perbanyak makan sayur dan buah karena nutrisinya baik untuk menjaga kesehatan kulit. Terutama buah dan sayur yang mengandung vitamin C, B1, dan E.

Kurangi juga mengkonsumsi makanan berminyak dan tinggi kolesterol. Selain tidak baik bagi kesehatan tubuh, makanan tersebut juga tidak baik bagi kesehatan kulit.

3. Tidur cukup

Kurang tidur akan menimbulkan lingkaran hitam di area mata. Akibatnya kulit wajah menjadi terlihat kurang sehat dan kusam. Maka dari itu hindari begadang dan tidur yang cukup.

4. Bahagia

Jangan sampai kamu merasa stres atau tidak bahagia. Hal ini karena stres dapat mengganggu hormon tubuh sehingga memicu munculnya jerawat dan membuat wajah menjadi kusam. Untuk itu jika sudah jenuh dengan rutinitas yang ada, manjakan diri sendiri dengan pergi jalan-jalan atau shopping tidak ada salahnya kok.

Nah, itu dia empat langkah mudah mencerahkan wajah. Mudah untuk dipraktikkan bukan?

Berita Terkait

Berita Terkini