Wanita

Studi: Wushu Seperti Lindswell Kwok Dapat Cegah Penuaan Otak

Wushu mampu mencegah penuaan otak dengan cara meningkatkan fungsi kognitif otak

Rauhanda Riyantama

Menpora Imam Nahrawi bersama Lindswell Kwok dan Ahmad Hulaefi. (Twitter/@imam_nahrawi)
Menpora Imam Nahrawi bersama Lindswell Kwok dan Ahmad Hulaefi. (Twitter/@imam_nahrawi)

Himedik.com - Lama tak ada kabar setelah menyabet emas di cabor wushu pada Asian Games 2018, Lindswell Kwok kembali muncul dengan penampilan yang mengejutkan. Kini ia berhijab dan makin cantik memesona. 

Hal itu terungkap dari unggahan Instagram pribadi Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi pada Senin (3/12/2018). Dalam video singkat itu, Lindswell Kwok nampak berdiri di samping calon suaminya yang juga pewushu, Ahmad Hulaefi.

Telah diketahui bersama, jika olahraga wushu sangat baik untuk kesehatan baik mental maupun fisik. Namun, penelitian terbaru menemukan bahwa wushu mampu mengurangi risiko penuaan pada otak.

Dirangkum dari berbagai sumber, wushu mampu mencegah penuaan otak dengan cara meningkatkan fungsi kognitif otak. Sebab bela diri ini sangat menekankan pada pengendalian napas dan meditasi.

Hasil tersebut didapat setelah para peneliti melakukan riset pada 330 orang dengan rerata usia 73 tahun. Mereka menemukan bahwa gerakan lembut dan seperti mengalir berefek bagus untuk fisik lansia, serta menstabilkan tingkat emosional.

Selain itu, seni bela diri ini dikenal mampu meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, refleks, dan kesadaran tubuh. Sementara secara tradisional, wushu digunakan sebagai perlindungan diri dan meningkatkan spiritual.    

Berita Terkait

Berita Terkini