Wanita

Mom, Ini Tips Memilih Kemasan Makanan yang Aman untuk Keluarga

Perhatikan kondisi kemasan, masih baik atau tidak.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Tips memilih kemasan makanan. (pixabay/tiburi)
Tips memilih kemasan makanan. (pixabay/tiburi)

Himedik.com - Banyak orang acuh terhadap kemasan makanan yang dibelinya. Bahkan tanpa disadari kita sendiri pun juga sering melakukannya.

Kita hanya terfokus pada isi dan mengabaikan kemasan. Padahal tidak semua kemasan aman dan bebas dari bahan berbahaya lho mom.

Alih-alih perut kenyang hati senang, ternyata kemasan mengandung bahaya tersembunyi yang ancam kesehatan. Tidak mau kan?

Maka dari itu, berikut telah Himedik rangkum beberapa tips memilih kemasan makanan yang aman untuk keluarga.

1. Lihat kondisi kemasan

Jika mom membeli makanan instan seperti mie, snack, atau susu siap minum, perhatikan kondisi kemasannya. Pastikan kemasan masih bagus, tidak rusak atau penyok karena hal itu dapat memengaruhi kualitas produk.

Pasalnya kemasan yang telah rusak akan memberi peluang pada bakteri untuk masuk dan mengontaminasi produk.

Tips memilih kemasan makanan. (pixabay)
Tips memilih kemasan makanan. (pixabay)

2. Pilih produk yang sudah ada izin edar

Tidak semua makanan memiliki izin edar, contohnya seperti produk rumahan yang biasanya menggunakan sistem pre order atau hanya dipasarkan di toko kelontong.

Untuk itu selalu pastikan untuk membeli produk yang sudah terdaftar di BPOM karena artinya produk tersebut sudah lolos uji kelayakan, tak terkecuali keamanan kemasan yang digunakan.

3. Kedap udara

Makanan atau minuman yang tidak dikemas dengan baik dapat memberi peluang bagi bakteri untuk masuk dan mengontaminasi produk. Maka dari itu pilih produk yang kemasannya kedap udara.

4. Hindari plastik

Plastik banyak digunakan sebagai pembungkus makanan. Tak masalah jika makanannya kering seperti sayur atau produk yang ada kemasannya.

Namun, jika gorengan, bakso, atau makanan panas lain dibungkus plastik hal ini bisa membahayakan mom. Lebih baik gunakan kertas pembungkus khusus makanan atau bawa wadah sendiri dari rumah.

Sebagai ibu sekaligus istri tentunya mommy harus jeli dan waspada dalam setiap kondisi. Jika bukan mommy, siapa lagi yang akan menjaga kesehatan keluarga? Itulah tips memilih kemasan makanan yang aman, semoga bermanfaat.

Berita Terkait

Berita Terkini