Wanita

Masih Nyaman, Bolehkah Lensa Kontak Terus Dipakai Meski Kedaluwarsa?

Lensa kontak memiliki jangka pemakaian dan ini harus diperhatikan.

Angga Roni Priambodo | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi lensa kontak. (pixabay/cocoparisienne)
Ilustrasi lensa kontak. (pixabay/cocoparisienne)

Himedik.com - Tak seperti dulu, pemakaian lensa kontak kini semakin banyak. Bukan digunakan sebagai alat bantu penglihatan, melainkan semata-mata untuk menunjang penampilan supaya semakin memesona.

Padahal lensa kontak sangat berisiko jika tak digunakan dengan benar. Seperti mengalami infeksi, iritasi, atau gangguan mata lainnya.

Ironisnya beberapa pengguna ada yang mengabaikan tanggal kedaluwarsa lensa kontak dengan alasan masih nyaman dipakai. Padahal sudah jelas tercantum dalam kemasan lama pemakaian produk.

Ahli optometri di UCLA Health, Amerika Serikat, Vivian Shibayama, O.D., menjelaskan bahwa jenis lensa kontak akan menentukan masa kedaluwarsanya. Ada jenis lensa kontak dengan tekstur yang sangat lunak, lembut, dan fleksibel, tapi hanya boleh dipakai sekali saja.

Ilustrasi lensa kontak. (pixabay/Bru-nO)
Ilustrasi lensa kontak. (pixabay/Bru-nO)

Namun, ada pula jenis lensa kontak yang bisa digunakan hingga dalam waktu beberapa bulan. Nah, masa pemakaian itulah yang harus diperhatikan.

Jangan sampai setelah jangka waktu pemakaian habis, lensa kontak masih digunakan karena kotoran yang menumpuk pada lensa kontak bisa membahayakan mata. Meskipun masih nyaman, tidak sobek, dan lain sebagainya, segera buang dan ganti yang baru.

Terlepas dari jangka waktu pemakaian, jika lensa kontak yang dipakai terasa tidak nyaman, menimbulkan infeksi, dan lain sebagainya, sebaiknya segera ganti dan obati mata atau pergi ke dokter untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.

Jadi, jangan sembarangan menggunakan lensa kontak. Bahkan akan lebih baik jika kamu menggantinya sebelum masa pemakaian habis.

Berita Terkait

Berita Terkini