Wanita

5 Alasan Perempuan Menangis usai Berhubungan Seks, Bukan Sakit Ternyata

Menangis tidak melulu diasosiasikan dengan rasa sakit atau kesedihan.

Rendy Adrikni Sadikin

Kaitan hubungan seks sebelum kompetisi olahraga. (today.com)
Kaitan hubungan seks sebelum kompetisi olahraga. (today.com)

Himedik.com - Menangis tidak melulu diasosiasikan dengan rasa sakit atau kesedihan. Bahkan setelah berhubungan seks, perempuan bisa secara tak sadar mengeluarkan air mata.

Lho, apa penyebabnya?

Rachel Wright, LMFT, terapis perkawinan dan keluarga berlisensi di New York City, mengatakan bahwa menangis setelah berhubungan seks adalah hal yang normal.

Umumnya, itu adalah luapan dari tubuh dan emosi Anda, baik itu kegembiraan, ketakutan, kebahagiaan, atau kesakitan, demikian dikatakan Laura McGuire, M.Ed., seorang seksolog di Florida.

Jangan bingung, coba cari penyebab kenapa Anda menangis setelah berhubungan seks pada penjelasan di bawah ini seperti dilansir dari Women's Health Mag.

1. Anda merasa benar-benar santai

Tahukah Anda kenapa seks bisa terasa begitu menyenangkan? "Seks yang benar-benar baik dan santai, meski hanya sebentar, memungkinkan Anda menangis karena semuanya terasa menyenangkan," kata McGuire.

2. Anda merasa sangat terhubung dengan pasangan

Terkadang, tidak ada kata-kata yang tepat untuk mendeskripsikan seberapa dalam Anda merasa terhubung dengan pasangan Anda. "Jika melalui seks Anda bisa merasakan dalamnya hubungan dengan pasangan, tubuh Anda mungkin memilih bentuk pelepasan dengan cara menangis untuk mengomunikasikan emosi ini," McGuire. Itu karena seks melepaskan oksitosin, hormon yang meningkatkan ikatan, kepercayaan, dan empati.

3. Anda malu atau merasa bersalah

Sarah Nasserzadeh, Ph.D., seorang terapis psikoseksual di Palo Alto, California, dan salah satu penulis Orgasm Answer Guide, pernah meneliti para perempuan yang mengatakan kepadanya bahwa mereka menangis saat berhubungan seks karena mereka merasa tidak layak untuk mengambil waktu sejenak untuk bersenang-senang. "Mereka merasa seperti, sebagai seorang ibu, mereka harus fokus pada anak mereka dan bukan pada kesenangan diri sendiri," katanya.

4. Anda sangat bahagia

Mungkin Anda memiliki kisah percintaan yang tak baik sebelumnya, atau mungkin hubungan seks tidak pernah terasa menyenangkan sebelumnya. "Jika Anda belum pernah (atau jarang) merasa puas dalam interaksi seksual, mungkin air mata menjadi tanda terima kasih, kegembiraan, atau kebahagiaan karena akhirnya Anda mendapatkan kebahagiaan yang selama ini Anda tunggu," kata Nasserzadeh.

5. Anda teringat satu kenangan

Mungkin Anda pernah mengalami kekerasan seksual di masa lalu, atau ada seseorang di masa lalu yang tiba-tiba terlintas dalam pikiran. "Trauma semakin tertanam dalam pikiran dan ingatan kita sehingga sulit untuk mengingat dengan tepat apa yang terjadi. Namun, seks bisa tiba-tiba memunculkannya," kata McGuire.

Suara.com/Vania Rossa

Artikel ini sudah dipublikasikan di SUARA.com dengan judul: Bukan Sakit, Ini Alasan Perempuan Menangis Setelah Berhubungan Seks

Berita Terkait

Berita Terkini