Wanita

9 Cara Alami Ini Bisa Buat Rambut Cantik dan Sehat, Cek Yuk!

Membasahi rambut dengan air panas ternyata justru membuat rambut Anda kering dan rapuh.

Vika Widiastuti

Ilustrasi rambut (unsplash.com)
Ilustrasi rambut (unsplash.com)

Himedik.com - Memiliki rambut indah adalah impian sebagian besar wanita. Masalah rambut yang timbul sering kali membuat jengkel.

Jadi, tak heran banyak orang mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk membeli sampo dan kondisioner bermerek agar rambut kembali sehat dan indah. Tak perlu susah lagi, dilansir dari The Times of India, Senin (14/1/2019), berikut cara alami dan mudah untuk membuat rambut cantik.

1. Telur

Ilustrasi putih telur. (unsplash)
Ilustrasi putih telur. (unsplash)

Jika Anda memiliki rambut kering atau rapuh, perawatan menggunakan putih telur adalah solusinya. Caranya, aplikasikan setengah cangkir campuran telur (bisa putih telur atau seluruh bagian telur) ke rambut yang basah.

Setelah itu, diamkan selama 20 menit dan bilas dengan air dingin. Ulangi proses ini sekali dalam seminggu untuk hasil yang lebih baik.

2. Hindari air panas

Mandi air panas/pexels
Mandi air panas/pexels

Membasahi rambut dengan air panas ternyata justru membuat rambut Anda kering dan rapuh karena menghilangkan minyak yang melindungi rambut. Jadi, pilihlah suhu air yang sedikit lebih hangat daripada tubuh Anda.

3. Labu

Oleskan jus labu ke rambut Anda. Lalu diamkan selama 30 menit dan cuci hingga bersih. Labu dipercaya bermanfaat memperbaiki rambut rusak dan menjadikannya lembap. 

4. Baking soda

Buat campuran 3 sdm baking soda dan sedikit air. Bilas rambut dengan campuran tersebut setelah keramas. Biarkan selama setidaknya 5 menit sebelum pembilasan akhir. Cara ini bermanfaat untuk menghilangkan kelebihan sampo dan produk penata rambut dari rambut Anda.

5. Jangan terlalu sering mencuci rambut

Keramas (unsplash.com)
Keramas (unsplash.com)

Cuci rambut Anda setiap 2-3 hari sekali demi pengaturan minyak rambut alami. Mencuci rambut lebih jarang juga bisa membantu mengembalikan kilau alami rambut Anda.

6. Buat kondisioner sendiri

Untuk kondisioner yang mengandung protein, campurkan telur dan yoghurt. Lalu oleskan ke kulit kepala Anda dan biarkan selama 5 hingga 10 menit. Kemudian cuci bersih.

7. Minyak Almond

Ilustrasi minyak almond (Pixabay/Rabbixel)
Ilustrasi minyak almond (Pixabay/Rabbixel)

Gunakan minyak almond untuk mengatasi rambut kering dan rusak. Caranya, tuang sedikit ke dalam mangkuk dan panaskan selama 40 detik. Kemudian aplikasikan ke rambut dan diamkan selama 30 menit. Lalu bersihkan rambut menggunakan sampo dan kondisioner. Jangan lupa gunakan air dingin.

8. Teknik menyisir rambut

Cara terbaik dalam menyisir rambut adalah pertama sikat ujung rambut untuk menghilangkan kusut dan kemudian baru sapuan panjang dari akar ke ujung. Teknik ini bisa membantu menyebarkan minyak rambut alami dan mencegah kerusakan.

9. Jangan menyisir rambut saat basah

Rambut yang basah tiga kali lebih lemah dan cenderung mudah rusak. Setelah mencuci rambut, keringkan dulu rambut menggunakan handuk. Lalu pisahkan helai rambut Anda menggunakan sisir gigi lebar.

Berita Terkait

Berita Terkini