Wanita

Keren! Ilmuwan Kembangkan Patch Kontrol Kelahiran Mandiri

Alat tersebut bisa digunakan sendiri tanpa bantuan dokter.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi kelahiran. (pixabay/aitoff)
Ilustrasi kelahiran. (pixabay/aitoff)

Himedik.com - Apa jadinya jika ada alat yang bisa mengontrol kehamilan? Bahkan tak perlu bantuan dokter, pasangan suami istri bisa mengontrolnya secara mandiri.

Dilansir dari WebMD, alat tersebut sedang dikembangkan oleh para peneliti AS. Terlihat seperti potongan kecil kulit, berfungsi memberikan kontrol kelahiran selama satu bulan bagi wanita.

Menurut laporan NBC News, benda kecil itu ditekan ke lengan atau kaki, dilengkapi jarum mikro untuk ditanamkan ke kulit dan perlahan larut seiring waktu, melepaskan hormon kontrasepsi. Menariknya, Tim Georgia Tech, selaku peneliti mengatakan tidak memerlukan kunjungan dokter.

"Ada banyak ketertarikan dalam menyediakan lebih banyak pilihan untuk kontrasepsi jangka panjang," ungkap Mark Prausnitz, profesor dalam program bioteknologi.

"Tujuan kami adalah agar perempuan dapat mengatur sendiri kontrasepsi jangka panjang dengan patch microneedle yang bisa diaplikasikan hanya dalam waktu lima detik selama sebulan sekali," jelasnya.

Menurut laporan NBC News, patch itu didasarkan pada pendekatan serupa yang dikembangkan di Georgia Tech untuk vaksinasi bebas jarum.

Para peneliti mengatakan bahwa pada tikus, patch tersebut memberikan aliran rata-rata satu bulan dari hormon pengontrol kelahiran. Namun, efektivitasnya pada manusia belum pernah diuji, dan uji pada hewan tidak selalu berhasil pada manusia.

Penelitian ini telah dipublikasikan pada 14 Januari di jurnal Nature Biomedical Engineering.

Berita Terkait

Berita Terkini