Wanita

Kamu yang Beranjak Dewasa, Kenali 5 Tanda Pubertas pada Perempuan, yuk!

Supaya tak kebingungan, kamu perlu tau tanda pubertas.

Rauhanda Riyantama | Dwi Citra Permatasari Sunoto

Ilustrasi anak pubertas. (pixabay/clicjeroen)
Ilustrasi anak pubertas. (pixabay/clicjeroen)

Himedik.com - Pubertas biasanya dimulai saat seseorang berusia 9 hingga 13 tahun. Namun, hal itu juga bisa terjadi lebih cepat atau lebih lambat.

Lekuk tubuh akan mulai terlihat, dan payudara mulai membesar. Tubuh juga mulai bertambah tinggi dan akhirnya menstruasi. Lebih lengkapnya berikut tanda pubertas perempuan yang dirangkum dari laman WebMD.

1. Tumbuh rambut di area tertentu

Saat pubertas kamu akan menjumpai rambut tumbuh di ketiak, kaki, dan di sekitar area kemaluan. Biasanya dimulai dengan terang dan halus, dan menjadi lebih tebal dan lebih gelap.

Rambut tubuh itu normal, tetapi beberapa gadis tidak menyukai tampilannya. Jika ingin menyingkirkannya, tanyakan ibu cara melakukannya dengan aman.

2. Perubahan bentuk tubuh

Selama pubertas, tubuh akan berubah dan terus tumbuh dan terkadang pertumbuhan terjadi dengan cepat. Bahkan dalam setahun kamu bisa bertambah tinggi sebanyak 4 inci.

Ledakan pertumbuhan biasanya dimulai antara usia 9 hingga 11 tahun. Kebanyakan anak perempuan mencapai tinggi dewasa penuh pada usia 18 tahun.

Lekuk tubuh terlihat. (pixabay/silviarita)
Lekuk tubuh terlihat. (pixabay/silviarita)

3. Perubahan bentuk payudara

Tak hanya ukuran, kamu juga bisa melihat perubahan warna puting payudara. Saat mulai membesar, gunakan bra supaya nyaman ketika bepergian.

4. Muncul jerawat

Jerawat tumbuh saat puber itu adalah hal normal. Selama pubertas, kelenjar minyak menjadi overdrive dan menyebabkan jerawat. Stres, menstruasi, dan riasan berbahan dasar minyak dapat memperburuk jerawat.

Oleh sebab itu, hati-hati dalam memilih rangkaian produk skin care. Serta jaga kebersihan kulit dan dapatkan saran perawatan dari dokter.

5. Berkeringat lebih banyak

Selama masa pubertas, 2 hingga 4 juta kelenjar keringat menjadi lebih aktif. Namun, jika khawatir bau badan rutinlah menggunakan deodoran.

Itulah beberapa tanda pubertas perempuan. Jika informasi yang disajikan kurang jelas, kamu bisa bertanya pada orangtua atau dokter.

Berita Terkait

Berita Terkini