Wanita

Wanita Wajib Baca, Ini 5 Tanda Awal Kanker Serviks yang Sering Tak Disadari

Salah satunya adalah kamu sering buang air kecil.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi rasa sakit setelah buang air kecil. (unsplash)
Ilustrasi rasa sakit setelah buang air kecil. (unsplash)

Himedik.com - Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker mematikan jika tak diobati. Jika seseorang berhasil didiagnosis pada stadium satu, berarti masih ada peluang tinggi untuk selamat.

Namun, jika didiagnosis pada stadium empat, maka peluang untuk hidup hanya lima persen dan mampu bertahan selama lima tahun atau lebih.

Itulah mengapa sangat penting bagi setiap wanita untuk mengetahui perubahan apa yang harus diwaspadai dan didiagnosis secepatnya.

Melansir dari thesun, ini adalah bentuk penyakit yang paling umum pada wanita berusia 35 tahun ke bawah.

"Tidak semua wanita yang didiagnosis dengan kanker serviks memiliki gejala. Tetapi, berapa pun usiamu, sama pentingnya mewaspadai gejala kanker serviks," kata Imogen Pinnell, manajer informasi kesehatan di Jo's Cervical Cancer Trust mengatakan kepada The Sun.

Tanda-tanda awal meliputi:

1. Pendarahan abnormal (selama atau setelah berhubungan seks, antara periode dan juga pascamenopause)

Tanda kanker serviks yang paling umum dan paling awal adalah perdarahan tidak teratur. Itu terjadi ketika sel-sel kanker tumbuh pada jaringan di bawah leher rahim.

Ini adalah tanda yang sangat mengkhawatirkan pada wanita pascamenopause yang tidak lagi mengalami menstruasi.

2. Keputihan yang tidak biasa

Jika kamu menemukan bahwa warna, bau, dan konsistensi telah berubah, maka itu adalah sesuatu yang benar-benar perlu kamu periksa.

Ketika kanker kekurangan oksigen, itu dapat menyebabkan infeksi yang menyebabkan keluarnya bau aneh.

3. Ketidaknyamanan atau rasa sakit saat berhubungan seks

Rasa sakit saat berhubungan seks bisa menjadi tanda dari sejumlah masalah yang berbeda, tetapi salah satunya adalah kanker serviks.

Karena penyakit ini sering datang tanpa gejala, rasa sakit selama hubungan seksual adalah salah satu indikator utama. Ini bisa menjadi tanda bahwa kanker menyebar ke jaringan di sekitarnya.

4. Nyeri punggung bawah

Sakit punggung bagian bawah bisa menjadi tanda karena terlalu lama duduk atau karena tekanan dari kanker yang tumbuh. Nyeri terus-menerus di punggung bawah, panggul atau di bagian usus buntu bisa menjadi tanda kanker serviks.

5. Penurunan berat badan

Kehilangan nafsu makan dan penurunan berat badan tanpa sebab menjadi tanda bahwa tubuh tidak bekerja dengan benar. Jadi jangan cepat senang kalau kamu mengalami penurunan berat badan tiba-tiba.

Penyakit ini juga bisa menyebabkan peningkatan buang air kecil, darah di kencing, diare, inkontinensia.

Segera hubungi dokter jika kamu mengalami satu dari beberapa gejala kanker serviks di atas.

Berita Terkait

Berita Terkini