Wanita

Seorang Gadis Hampir Kehilangan Nyawa Setelah Pakai Lip Balm, Kok Bisa?

Ia diketahui memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.

Vika Widiastuti | Yuliana Sere

Ilustrasi menggunakan lip balm. (pixabay)
Ilustrasi menggunakan lip balm. (pixabay)

Himedik.com - Seorang gadis dengan riwayat alergi kacang hampir kehilangan nyawa setelah menggunakan lip balm Nivea.

Kejadian itu bermula saat Amy Brown, gadis asal Middlesbrough, Inggris mendapat kado di hari Natal. Ia mendapat kado satu set produk Nivea dari kedua orangtuanya, diberitakan dailymail.

Ia mengatakan, dia tidak mengenali kandungan minyak almond manis pada lip balm yang diberi label dengan nama kimia Prunus Amygdalus Dulcis.

Gadis 19 tahun tersebut mencoba untuk tidak panik ketika bibirnya kesemutan, tenggorokan gatal dan ruam yang muncul di tangannya. Dia pun langsung minum obat untuk meredakan gejalanya.

Amy yang alergi terhadap semua kacang-kacangan dan biji wijen sejak usia empat tahun mendesak industri kosmetik dan makanan agar lebih jelas mencantumkan bahan yang terkandung yang bisa menyebabkan konsekuensi yang fatal.

"Itu adalah pengalaman yang mengerikan, tetapi saya ingin mengubahnya menjadi sesuatu yang positif.

'Saya ingin mengingatkan Nivea tentang fakta bahwa kacang-kacangan ada dalam produk mereka yang bisa sangat berbahaya bagi ribuan orang yang menderita alergi kacang seperti saya.

Jangan tergiur oleh iklan kosmetik yang menyesatkan. (unsplash/@Jamie Street)
Pastikan tidak ada bahan kosmetik yang membuatmu alergi  (unsplash/@Jamie Street)

 

"Saya pikir sudah saatnya label kosmetik memiliki standar untuk mengatasi alergi," ungkapnya.

Amy menerima satu paket hadiah Nivea Luscious Lips yang berisi dua Lip Butters dan dua Lip Balm dari kedua orangtuanya.

Pada 7 Januari, ia mengoleskan Blueberry Blush Lip Butter. Dalam hitungan detik, ia mulai merasakan bibirnya kesemutan dan melihat ruam di tangannya.

Dia pun langsung menghapus lip balm, mengambil antihistamin dan mengambil obat hisap untuk meredakan gejalanya.

"Saya tahu bagaimana menghadapinya, tetapi itu membuat saya panik. Napas saya berjalan cukup cepat saat itu dan saya gemetar," tuturnya.

"Saya benar berhati-hati untuk tidak menggunakan cukup banyak produk rias karena saya tahu apa yang harus saya cari," lanjutnya.

Bibirnya yang kesemutan dan tenggorokannya yang gatal mulai mereda dalam waktu dua jam, tetapi ia mengeluh mengalami sakit tenggorokan sepanjang hari itu.

Dia berkata, "Ketika saya mengalami reaksi itu, rasanya seperti ada lepuh di bagian belakang tenggorokan yang ingin saya garuk."

Ketika ia dan ibunya menghubungi Nivea, tanggapan mereka adalah bahwa mereka secara hukum telah mematuhi Hukum Eropa dengan mencantumkan nama INCI (Nomenklatur Internasional untuk Bahan Kosmetik) pada kotak hadiah tersebut.

Seorang juru bicara Nivea mengatakan, "Kami selalu menghargai umpan balik dari konsumen kami dan sangat memperhatikan masalah produk kami. Seperti yang dinyatakan dalam percakapan kami dengan konsumen, label INCI dari kotak hadiah Lip Butter sendiri sepenuhnya sesuai dengan ketentuan regulasi Kosmetik UE."

Diketahui sebelumnya, Amy juga pernah mengalami hal yang sama ketika ia dan ayahnya berlibur ke Turki pada Agustus 2018. Saat itu ia makan kue tar tanpa sepengetahuannya yang mengandung kacang.

Ia langsung dilarikan ke rumah sakit karena mengalami muntah, telinga bengkak, dan detak jantung naik hingga 180.

Berita Terkait

Berita Terkini