Wanita

Koma 4 Hari, Mahasiswi Kaget Dapati Dirinya Melahirkan Bayi Saat Sadar

Saat sadar, ia diberi tahu perawat jika telah menjadi seorang ibu.

Vika Widiastuti

Ilustrasi dirawat di rumah sakit (Unplash/rawpixel)
Ilustrasi dirawat di rumah sakit (Unplash/rawpixel)

Himedik.com - Seorang gadis remaja yang mengalami koma 4 hari akibat sakit kepala yang buruk secara mengejutkan melahirkan bayi saat dia sadar. Padahal gadis bernama Ebony Stevenson (18) itu tak tahu dirinya hamil.

Dilansir HiMedik dari Metro, Minggu (17/2/2019), Ebony mengatakan, dirinya rutin mengalami menstruasi dan tidak mengalami mual di pagi hari.

Namun, saat dirinya pergi tidur di malam hari tepatnya pada 2 Desember 2018, dia bangun empat hari kemudian di rumah sakit dan diberi tahu, ia telah menjadi seorang ibu.

Dokter yang merawatnya pun mengatakan, Ebony memiliki uterus didelphys atau rahim ganda. Salah satunya yang mengandung putrinya, Elodie dan rahim lainnya bekerja seperti biasa, yaitu menstruasi dan tidak meninggalkan sinyal jika ia sedang hamil.

"Saya tidak menyangka saya menginginkan anak, setidaknya selama 10 tahun ke depan dan tidak berharap menjadi ibu muda," kata wanita asal Oldham, Greater Manchester.

Dia mengungkapkan, bangun dari koma dan diberitahu, dia telah melahirkan seorang bayi perempuan adalah hal luar biasa. "Saya khawatir saya tidak akan terikat dengan putri saya karena saya tidak punya waktu untuk memikirkan kedatangannya, tetapi saya pikir dia luar biasa," ucapnya.

"Ini benar-benar keajaiban. Saya tidak akan mengubah Elodie untuk dunia," tambahnya.

Ilustrasi operasi - (Pixabay/sasint)
Ilustrasi operasi - (Pixabay/sasint)

Kejadian berawal saat Ebony tidur sekitar pukul 08.30 malam waktu setempat setelah mengeluh sakit kepala dan pingsan hingga kejang di lantai. Ibunya, Sheree lantas menganggil ambulans.

Saat tiba di lokasi, paramedis terus bertanya, apakah Ebony dalam kondisi hamil. "Meskipun aku bersikeras dia tidak hamil, paramedis yakin dia hamil, dan yang mengejutkanku ada benjolan di perutnya," kata Sheree.

Dia melanjutkan, paramedis takut kejang yang dialami Ebony akan berdampak pada bayinya. Mahasiswa itu dilarikan ke Royal Oldham Hospital di mana dia kemudian mengalami koma.

Namun, sebelumnya dia telah diinduksi lalu dilarikan untuk bedah sesar darurat. Dokter menemukan, Ebony menderita preeklampsia atau komplikasi kehamilan yang menyebabkan kejang.

Ebony melahirkan putrinya, Elodie sekitar pukul 1.32 pagi waktu setempat. "Itu adalah momen yang aneh karena saya tidak punya waktu untuk mempersiapkannya," lanjut Sheree yang kala itu memegang cucunya untuk pertama kalinya.

Sheree pun mengku bahagia cucunya dalam kondisi sehat. Meski begitu, ia sedih dengan kondisi putriya yang sedang koma.

Lalu, pada 6 Desember, Ebony akhirnya membuka matanya dan diberi tahu perawat dia memiliki seorang putri, "Kedengarannya mengerikan sekarang, tetapi saya meminta mereka untuk membawanya pergi karena saya sangat bingung dan yakin mereka melakukan kesalahan, tetapi ibuku menjelaskan semuanya," terangnya.

Ilustrasi bayi - (Pixabay/jarmoluk)
Ilustrasi bayi - (Pixabay/jarmoluk)

Ebony mengungkapkan, saat dia memegang putrinya untuk pertama kalinya, ia merasa bingung dan sangat takut. Namun, tak bisa dipungkiri menurut Ebony itu adalah momen yang indah.

Putri Ebony lahir dengan berat 3,4 kg. Ibu dan anak tersebut tetap menjalani perawatan intensif dan diizinkan pulang pada 13 Desember.

Ebony akan melanjutkan pelajarannya di Hopwood College pada Februari 2019, sementara ibunya akan membantu merawat Elodie.

"Meskipun saya tidak mempunyai waktu untuk mempersiapkan, saya tidak akan mengubah apa yang terjadi. Saya sangat bersemangat untuk bangun dan melihatnya setiap pagi dan untuk menghabiskan hari lain dengan putriku yang berharga," pungkasnya.

 

Berita Terkait

Berita Terkini