Wanita

Pakai Implan Bokong, Wanita 49 Tahun Meninggal karena Kanker Langka

Kanker ini biasanya hanya diderita wanita yang pasang implan payudara.

Agung Pratnyawan | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi bokong wanita - (Shutterstock)
Ilustrasi bokong wanita - (Shutterstock)

Himedik.com - Seorang wanita yang memiliki implan bokong didiagnosis menderita kanker langka. Kanker yang disebut limfoma sel besar anaplastik (ALCL) itu biasanya berkaitan dengan implan payudara.

Dikutip dari Fox News, Sabtu (2/3/2019), kasus ini menandai pertama kalinya bahwa ALCL juga memiliki kaitan dengan implan bokong. ALCL adalah jenis limfoma, yang merupakan kanker sel sistem kekebalan tubuh.

"Kasus wanita tersebut membantu menunjukkan bahwa banyak implan bertekstur berpotensi menjadi (faktor) risiko ALCL dan bahwa secara umum, diskusi harus beralih dari 'kanker terkait implan payudara' ke 'kanker terkait implan'," ungkap para penulis dalam laporan yang diterbitkan di Aesthetic Surgery Journal itu.

Ilustrasi kanker - (Shutterstock)
Ilustrasi kanker - (Shutterstock)

 

Dalam kasus tersebut, wanita berusia 49 tahun itu memasang implan bertekstur gluteal sekitar satu tahun sebelum didiagnosis menderita kanker. Dokter mengamati bahwa dia memiliki ulserasi pada kulit di sekitar implannya, dan tes pencitraan mengungkapkan adanya cairan di sekitar implan.

Sayangnya, kanker menyebar ke bagian lain tubuhnya, termasuk paru-paru. Biopsi dari massa di paru-parunya mengungkapkan sel "ciri khas" ALCL. Meskipun sangat giat menjalani kemoterapi, pasien meninggal beberapa bulan kemudian.

Para penulis mencatat bahwa kasus ini hanya menunjukkan hubungan antara implan bertekstur pada wanita dan ALCL, tetapi mereka tidak bisa mengonfirmasi bahwa implan adalah penyebab kanker pada wanita.

Berita Terkait

Berita Terkini