Wanita

Bisakah Seorang Ibu Minum Protein Shake Saat Menyusui?

Perhatikan beberapa poin berikut.

Agung Pratnyawan | Yuliana Sere

Ilustrasi shake. (Pixabay)
Ilustrasi shake. (Pixabay)

Himedik.com - Protein shake adalah minuman yang dibuat dengan bahan protein tinggi atau yang telah diperkaya dengan bubuk protein murni. Lantas, bisakah minuman ini diminum saat menyusui?

Menyusui memberikan banyak manfaat bagi bayi karena membantu memperkuat ikatan antara kamu dan buah hati serta meningkatkan sistem kekebalan anak.

Namun, zat yang kamu konsumsi dapat memengaruhi ASI. Protein shake biasanya aman untuk wanita hamil, tetapi bicarakan dengan dokter sebelum mengonsumsi protein shake saat menyusui.

Melansir dari livestrong, berikut ini beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum mengonsumsi protein shake saat menyusui.

Minuman berprotein

Milkshake. (pixabay)
Ilustrasi protein shake. (pixabay)

 

Protein shake dapat digunakan untuk meningkatkan asupan protein dan kadang-kadang digunakan oleh orang yang ingin meningkatkan massa otot. Protein shake juga bisa digunakan sebagai pengganti makanan.

Penggunaan Protein Shakes Selama Menyusui

Beberapa wanita menggunakan protein shake saat menyusui karena mereka dapat digunakan sebagai pengganti makanan.

Walaupun protein shake menyediakan sejumlah kalori, seringkali ini lebih rendah daripada makanan lengkap. Kamu dapat menggunakan ini untuk menurunkan berat badan.

Diet dan Menyusui

Smoothies atau shake yang baik untuk diet? (unsplash)
Smoothies atau shake yang baik untuk diet? (unsplash)

 

Saat kamu menyusui, zat-zat dalam tubuh dapat beralih dari aliran darah ke ASI. Ini berarti bahwa makanan yang kamu konsumsi dapat memengaruhi komposisi ASI.

Meskipun obat-obatan atau apapun yang kamu makan dapat masuk ke dalam ASI, tidak ada bukti bahwa makanan yang dikonsumsi memiliki efek berbeda pada ASI.

Beberapa pertimbangan

Shake. (unsplash)
Shake. (unsplash)

 

Meskipun tampaknya tidak ada efek buruk dari mengonsumsi protein shake saat menyusui, ini tetap harus dikonsumsi dengan hati-hati.

Nutrisi yang tepat sangat penting untuk produksi ASI agar memiliki semua nutrisi yang diperlukan untuk bayi.

Bicaralah dengan dokter sebelum mengonsumsi protein shake atau suplemen lain ke dalam diet harianmu.

Berita Terkait

Berita Terkini