Wanita

Keluar dari Pusar, Benjolan di Perut Wanita Ini Ternyata Kanker

Benjolan itu terasa nyeri dan makin membesar.

Vika Widiastuti | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Ilustrasi pusar - (Pixabay/Tumisu)
Ilustrasi pusar - (Pixabay/Tumisu)

Himedik.com - Benjolan aneh tumbuh dari pusar seorang wanita 73 tahun. Menurut laporan baru kasus ini, yang diterbitkan dalam The New England Journal of Medicine, Rabu (13/3/2019) kemarin, ternyata benjolan itu adalah kanker metastasis.

Wanita di Spanyol itu awalnya bergegas ke UGD dengan keluhan rasa nyeri pada benjolan di pusarnya yang makin membesar selama empat bulan terakhir. Dua hari sebelumnya, dia melihat darah keluar dari benjolan itu.

Dikutip HiMedik.com dari Live Science, Jumat (15/3/2019), benjolan itu keras dan berdiameter 2 cm. Dokter juga bisa merasakan benjolan di pinggulnya.

Tes pencitraan kemudian menunjukkan bahwa wanita tersebut memiliki benjolan yang relatif besar di daerah panggulnya, yakni berukuran 11 cm kali 11 cm kali 9,5 cm.

Benjolan di pusar - (Facebook/@UsEUNews)
Benjolan di pusar - (Facebook/@UsEUNews)

Biopsi dari kedua benjolan itu pun mengungkapkan bahwa wanita tersebut menderita kanker ovarium stadium lanjut. Memang, massa yang menonjol dari pusarnya adalah hasil dari penyebaran kanker, atau bermetastasis. Jenis metastasis ke pusar, atau umbilikus, ini dikenal sebagai 'Sister Mary Joseph nodule'.

Sister Mary Joseph nodule kadang-kadang terlihat pada pasien yang menderita kanker ginekologis atau gastrointestinal. Namun, menurut dokter yang merawat wanita tersebut, Dr Javier Barambio, itu relatif jarang. Berdasarkan suatu laporan pada 2013, hanya sekitar 1 hingga 3 persen kanker perut dan panggul menyebar ke umbilikus.

Wanita itu telah menjalani operasi untuk mengurangi ukuran tumornya, bersama dengan kemoterapi untuk mengobati kanker yang tersisa.

Berita Terkait

Berita Terkini