Wanita

4 Efek Samping Gel Manicure yang Perlu Kamu Ketahui

Keunggulan gel manicure yang lebih tahan lama menjadi alasan mengapa semakin menjadi favorit banyak orang.

Vika Widiastuti

Ilustrasi cat kuku (Pixabay/angeljana_)
Ilustrasi cat kuku (Pixabay/angeljana_)

Himedik.com - Manicure merupakan salah satu perawatan kecantikan yang digemari. Nah, jika kamu tertarik menggunakan gel manicure, perlu diperhatikan pula efek samping yang mungkin bisa ditimbulkan. 

Banyak alasan mengapa gel manicure semakin digemari oleh banyak orang. Keunggulan gel manicure yang lebih tahan lama dan kuat umumnya menjadi alasan utama mengapa semakin menjadi favorit banyak orang.

Keunggulan gel manicure memang sangat nyata. Namun, sebenarnya ada efek samping pada kuku yang jarang diketahui. Berikut beberapa efek samping gel manicure yang perlu kamu tahu dirangkum oleh DewiKu.com.

1. Membuat kuku rapuh

Ilustrasi cat kuku. (Pexels/Daria Shevtsova)
Ilustrasi cat kuku. (Pexels/Daria Shevtsova)

Dibandingkan cat kuku konvensional, gel manicure memiliki formula yang mampu menjadikan kuku rapuh. Hal ini disebabkan oleh proses manicure yang membuat kuku dehirasi dan kering serta membuat lempengan kuku menjadi tipis.

2. Formula yang mengandung racun

Tahukah kamu bahwa gel manicure mengandung formaldehyde, tolune, dan dibutyl phthalate (DBP)? Racun tersebut mampu menyebabkan peradangan dan juga bisa merusak fungsi hati serta tiroid. Oleh sebab itu, disarankan untuk lebih cermat saat memilih cat kuku yang akan digunakan.

3. Bisa merusak jaringan kulit

Ilustrasi manicure kuku. (Unsplash/Kris Atomic)
Ilustrasi manicure kuku. (Unsplash/Kris Atomic)

Gel manicure ternyata tidak aman. Sinar UV yang digunakan untuk mengeringkan cat kuku dan lambat laun bisa dapat merusak jaringan kulit.

4. Hindari penggunaan gel manicure secara terus menerus

Efek samping gel manicure lainnya adalah membuat kuku terdehidrasi. Kamu harus rajin memberikan hidrasi pada kuku sebanyak mungkin jika tak pernah absen memakai gel manicure. Disarankan juga untuk menutrisi kulit dengan pemberian vitamin kuku sehingga kuku tetap sehat dan kuat. (DewiKu.com/Kintan Sekarwangi)

Berita Terkait

Berita Terkini