Wanita

Ubah Tali Pusat Jadi Karya Seni Ngetren Lagi, Warganet Heran

Warganet beranggapan itu adalah tindakan kanibalisme.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Eleonora Padmasta Ekaristi Wijana

Karya seni dari tali pusat - (Reddit/Icy9kills)
Karya seni dari tali pusat - (Reddit/Icy9kills)

Himedik.com - Sebagian besar pengguna media sosial dibuat heran oleh tren menjadikan tali pusat sebagai karya seni. Salah satu hasilnya diunggah ke Reddit oleh pengguna akun Icy9kills, Selasa (9/4/2019).

Foto itu memperlihatkan tali pusat atau tali pusar yang dibentuk simbol hati dan dibingkai seperti foto.

''Tanteku membingkai tali pusar sepupuku dan membentuknya jadi hati,'' tulisnya sebagai judul unggahan itu.

Para pengguna Reddit yang melihatnya memberikan komentar terkejut. Namun, ada pula yang terkesima.

Pada wanita hamil, dikutip HiMedik.com dari BBC, Rabu (10/4/2019), tali pusat menghubungkan janin ke plasenta atau ari-ari, organ yang berfungsi menyediakan oksigen dan nutrisi serta membuang zat-zat yang tak terpakai.

Biasanya tali pusat langsung dibuang setelah persalinan. Namun bagi kalangan ibu baru, tampaknya tali pusat memiliki arti tersendiri sampai dijadikan karya seni.

<p>Karya seni dari tali pusat - <a href="https://twitter.com/rchlglvn/status/1114322064473645056">(Twitter/@rchlglvn)</a></p>

Karya seni dari tali pusat - (Twitter/@rchlglvn)

Sebelumnya, Sabtu (6/4/2019) akhir pekan lalu, seorang wanita bernama Rachel Galvan memutuskan untuk membuat kalung dari tali pusat dan kuku Isaiah Asher, putranya.

''Saya melahirkan di usia 18 tahun saat masih mahasiswa dan itu adalah perjuangan yang sangat sulit. Itu adalah kehamilan yang tidak terduga, yang mengejutkan keluarga, teman, dan kampus saya,'' kata Rachel Galvan kepada BBC.

''Saya tidak memberi tahu satu orang pun kecuali pacar saya saat itu, yang sekarang menjadi suami, tentang adanya kehidupan yang berkembang di dalam tubuh saya sampai bulan ke sembilan kehamilan saya,'' tambahnya.

Rachel ingat, ibunya pingsan, ayahnya menangis, teman-temannya bergosip. Dia mengatakan, semuanya seakan kacau berantakan. Namun, dia berhasil menyelesaikan ujian di universitasnya.

''Anak laki-laki saya itu luar biasa, dan saya yakin kami ditakdirkan secara khusus untuk satu sama lain. Dia merupakan hadiah, dan kalung itu sebagai pengingat bahwa dia telah mengubah hidup saya dan orang-orang di sekitar saya,'' jelasnya.

<p>Karya seni dari tali pusat - <a href="https://www.instagram.com/p/BRico5mBztu/">(Instagram/@rochellehumes)</a></p>

Karya seni dari tali pusat - (Instagram/@rochellehumes)

Tak hanya itu, pada 2017, penyanyi dan presenter televisi The Saturday Rochelle Humes mengungkapkan bahwa dia telah mengubah tali pusar bayinya menjadi karya seni.

Beberapa pertanyaan pun bermunculan, terutama terkait kanibalisme. Namun, menurut banyak orang, menjadikan tali pusat sebagai karya seni sama sekali tak ada hubungannya dengan kanibalisme.

Berita Terkait

Berita Terkini