Wanita

Bakteri Bisa Bikin Kulit Wajah Sehat Alami, Kok Bisa?

Kulit memiliki mikro organisme yang disebut microbiome.

Vika Widiastuti

Ilustrasi perawatan wajah. (pixabay/office469)
Ilustrasi perawatan wajah. (pixabay/office469)

Himedik.com - Memilih sabun muka yang cocok adalah hal yang penting.  Wajah yang terpapar sinar matahari, berkegiatan di outdoor hingga banyak terkena debu dalam indoor, tentu membuat bakteri menumpuk.

Namun, menghilangkan seluruh bakteri juga membuat wajah tidak sehat, kok bisa? Yap karena bakteri juga punya peran penting untuk menjadikan kulit lebih sehat.

Selama ini kita berjuang mati-matian untuk menjaga kebersihan kulit agar tidak ada kotoran dan bakteri yang bersarang dan menimbulkan masalah kulit.

Kulit memiliki microorganisme yang disebut microbiome. Jangan panik dulu ya, ketahuilah bahwa microbiome tersebut justru berperan menjaga kulit tetap terhidrasi dan glowing.

Dilansir Dewiku dari laman InStyle, microbiome merupakan segerombolan mikroorganisme hidup yang sebagian besar merupakan bakteri.

ilustrasi membersihkan wajah (shutterstock)
ilustrasi membersihkan wajah (shutterstock)

 

Namun juga terdiri dari jamur, virus, serta tungau. Mereka bertugas menjaga dan membuat barrier pada kulit tetap berfungsi.

Microbiome akan membuat kulit lebih baik, selama kadarnya seimbang. Jika sedang tidak berada dalam keseimbangan, hal seperti jerawat, peradangan kulit, dan iritasi bisa terjadi.

Jadi, kulit yang sehat bukanlah bebas bakteri, tapi justru memiliki kadar bakteri (microbiome) yang seimbang. Hindari menggosok terlalu keras, menggunakan pembersih wajah yang kasar, dan waxing karena hal tersebut bisa merusak microbiome.

Jadi untuk kamu yang ingin mendapatkan wajah glowing dan lebih sehat alami,  disarankan untuk menggunakan pembersih wajah yang tidak mengandung sabun dan sulfat agar microbiome tetap seimbang. (DewiKu.com/Kintan Sekarwangi)

Berita Terkait

Berita Terkini