Wanita

Sering Mengeringkan Rambut Pakai Handuk? Ketahui Ini Dampaknya

Mengeringkan rambut menggunakan handuk ternyata tak di sarankan, ini alasannya!

Vika Widiastuti

Ilustrasi membungkus rambut menggunakan handuk. (Unplash/kevin laminto)
Ilustrasi membungkus rambut menggunakan handuk. (Unplash/kevin laminto)

Himedik.com - Kebanyakan wanita menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut yang basah bahkan menggosoknya. Atau kalau ingin lebih cepat kering, biasanya menggunakan hair dyer atau catok

Tahukah Anda bahwa mengeringkan rambut pakai handuk ternyata tidak disarankan, karena dapat membuat rambut menjadi rusak? Hal ini disampaikan dr. Gloria Novelita SpKK, Dokter Kulit dari Skin&Co Skincare Laser Clinic.

Ia menjelaskan, ikatan rambut saat basah cenderung terbuka. Di dalamnya berisi keratin atau protein rambut yang mengatur kekuatan rambut. Ketika ikatan rambut ini terbuka, korteks dan keratin di dalamnya menjadi terpapar dan mudah rusak.

"Sehingga disarankan dengan handuk dibiarkan saja hingga airnya menyerap. Tidak perlu ada gosokan," ujar dr. Gloria dalam temu media di Jakarta, Senin (22/4/2019) diberitakan Suara.com.

Nah, jika Anda ingin menggunakan handuk untuk mengeringkan rambut, dr. Gloria menyarankan agar rambut dibungkus saja dengan handuk lembut. Hal ini akan membantu proses pengeringan sebanyak 50 persen.

"Semua tergantung rambutnya apakah tebal, tipis, panjang, pendek, ikal, atau lurus. Kalau ikal, biasanya lebih lama untuk keringnya," imbuhnya.

Selain itu Gloria mengingatkan agar segera menyisir rambut dalam kondisi setengah kering. Alasannya, rambut yang tidak disisir cenderung akan membentuk tampilan mekar ketika kering.

"Kalau sudah setengah kering harus disisir, dirapikan, ketika kering jadi bagus, sama seperti kita lakukan blow di salon, dengan sisir dibantu dikeringkan dan dibentuk, sehingga setelah proses rambutnya tetap sesuai bentuk blow tersebut," tandas dia. (Suara.com/Firsta Nodia)

Berita Terkait

Berita Terkini