Wanita

Wanita Perlu Tahu! Ini 7 Cara Merawat Kesehatan Kuku Selama Bulan Ramadan

Berikut beberapa solusi agar kerusakan kuku tidak terjadi.

Vika Widiastuti

Ilustrasi kuku cantik. (pixabay)
Ilustrasi kuku cantik. (pixabay)

Himedik.com - Akibat kekurangan cairan atau dehidrasi selama berpuasa, kuku pun rentan mengalami berbagai masalah. 

Untuk mencegah hal tersebut, berikut beberapa solusi agar kerusakan kuku tidak  terjadi selama bulan Ramadan, sehingga Anda dapat memiliki kuku yang sehat sepanjang bulan, dilansir Suara.com dari Fustanyn.

1. Cobalah untuk tidak mencuci piring tanpa memakai sarung tangan, karena paparan air dan sabun yang berlebihan dapat menyebabkan kuku mudah patah dan pecah.

2. Begitupula saat memasak. Disarankan Anda juga tetap mengenakan sarung tangan saat memasak, terutama saat Anda memotong sayuran atau daging.

3. Saat Anda mengikir kuku, kikir secara diagonal dan tidak secara vertikal, karena itu juga melemahkan kuku dan menyebabkan kuku patah.

Perubahan kuku bisa jadi tanda penyakit (Suara.com/Shutterstock)
Ilustrasi kuku. (Suara.com/Shutterstock)

 

4. Cobalah untuk konsumsi makanan dan buah-buahan yang mengandung banyak vitamin ketika waktu sahur dan berbuka puasa. Nutrisi tidak langsung sangat penting dan dapat berdampak besar pada kesehatan kuku Anda.

5. Ketika menggunakan cat kuku, jauh lebih baik menggunakan base coat terlebih dahulu, terutama mantel dasar yang mengandung komponen alami seperti protein untuk membantu kuku tumbuh lebih cepat dan lebih kuat. Coba juga temukan merek cat kuku berkualitas tinggi, agar tetap aman.

6. Rutinitas perawatan tangan Anda sangat penting pada saat berpuasa. Pastikan melembapkan tangan sebelum tidur dan oleskan minyak kutikula sebanyak yang Anda bisa.

7. Jika Anda akan melakukan banyak pekerjaan di rumah, Anda harus meluangkan waktu untuk merendam tangan dalam campuran lemon dan minyak zaitun. Ini akan melindungi kuku Anda dan membantu mereka tumbuh.  Jika Anda tidak punya cukup waktu, Anda bisa melembapkan tangan dengan sedikit air mawar.

(Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini