Wanita

Manfaat Puasa untuk Kesehatan Kulit, Apa Saja?

Puasa tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga kesehatan kulit.

Vika Widiastuti

Ilustrasi kesehatan kulit. (Pixabay/ivanovgood)
Ilustrasi kesehatan kulit. (Pixabay/ivanovgood)

Himedik.com - Puasa ternyata tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi juga bagus untuk kulit. Cara kerjanya hampir sama dengan tubuh, kulit akan merasakan manfaat puasa melalui proses detoksifiksi. 

Seperti apa penjelasan rinciannya, berikut  DewiKu.com rangkum dari berbagai sumber. Yuk, simak!

Detoksifikasi

Puasa juga ampuh mendetoksifikasi kulit lho, Girls. Racun-racun dalam tubuh akan dilepaskan secara bertahap dan lebih cepat dari biasanya. Proses ini akan membuat kulit lebih kenyal bersih dan segar.

Perawatan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi kesehatan kulit. (Shutterstock)

Atasi jerawat

Selain membuat kulit lebih keyal, proses detoksifikasi kulit ketika puasa juga mengatasi masalah jerawat. Dengan berpuasa, bakteri dan racun yang ada di dalam tubuh akan mudah hilang, sehingga kulit kembali mulus.

Mencegah iritasi

Penyebab iritasi kulit ada banyak dan salah satu yang paling sering adalah alergi makanan. Ketika kita puasa, otomatis asupan makanan lebih sedikit dan peluang terjadinya iritasi kulit juga dapat ditekan.

Ilustrasi sakit kulit. (Shutterstock)
Ilustrasi iritasi. (Shutterstock)

Mencerahkan kulit

Manfaat puasa berikutnya adalah membantu mencerahkan kulit. Iya, kalian nggak salah dengar, kok. Puasa memang bisa meningkatkan kecerahan kulit karena ketika berpuasa, banyak sel kulit rusak yang diperbaiki. Regenerasi sel ini yang akan membuat kulit kita terlihat lebih cerah.

Agar hasil maksimal, pastikan asupan makanan ketika berbuka dan sahur memiliki gizi yang tinggi. Selalu konsumsi air putih cukup, baik itu saat buka atau sahur. Hal ini sangat penting agar tubuh dan kulit tidak dehidrasi. (DewiKu.com/Rima Suliastini)

Berita Terkait

Berita Terkini