Wanita

Cara Membersihkan Area Kewanitaan Saat Mentruasi, Wanita Wajib Tahu!

Gantilah pembalut setiap minimal 2-3 jam sekali atau maksimal 4-6 jam sekali.

Vika Widiastuti

Ilustrasi pembalut (Pixabay/SookyungAn)
Ilustrasi pembalut (Pixabay/SookyungAn)

Himedik.com - Organ kewanitaan harus diperhatikan kebersihannya, terutama saat menstruasi. Hal ini karena risiko infeksi meningkat karena jumlah bakteri buruk di area kewanitaan bertambah dengan tingginya tingkat keasaman pH pada darah yang dikeluarkan. 

Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia, Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (K) menjelaskan, dalam membersihkan di area kewanitaan, sebenarnya dengan menggunakan air bersih yang mengalir dan banyak sudah cukup.

"Tapi pada mereka yang sensitif kadang-kadang juga membutuhkan juga alat yang bisa membantu supaya bakteri sehatnya atau bakteri normalnya tetap berkembang biak. Kalau di pedesaan mereka pakai air saja sudah cukup, karena airnya mengalir. Nah bagaimana dengan di kota nih? Kadang-kadang nggak semua toilet punya air," jelasnya dalam peluncuran kampanye #KarenaKitaPerempuan #SalingMenjaga dari Mundipharma Indonesia di Jakarta, Rabu (15/5/2019).

Dengan kondisi tersebut, lanjut dr. Dwiana, penggunaan pembersih khusus area kewanitaan yang merupakan antiseptik dengan pH sesuai dengan kondisi area kewanitaan sangat membantu.

Ilustrasi: Perempuan harus menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaannya, termasuk saat menstruasi. (Shutterstock)
Ilustrasi: Perempuan harus menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaannya, termasuk saat menstruasi. (Shutterstock)

Selain itu, dia melanjutkan agar setiap perempuan yang tengah menstruasi menggunakan dan mengganti pembalut setiap minimal 2-3 jam sekali atau maksimal 4-6 jam sekali.

Tidak hanya harus rajin dibersihkan pada saat menstruasi, sehari-harinya area kewanitaan juga harus mendapat perhatian khusus agar terhindar dari berbagai ancaman tersembunyi, seperti infeksi jamur, bau tidak sedap, sampai peradangan pada area kewanitaan tersebut.

Selain itu ancaman area kewanitaan yang penting diketahui oleh perempuan adalah kanker serviks. Kanker serviks menjadi pembunuh perempuan terbesar di Indonesia dengan 15.000 kasus setiap tahunnya.

"Merawat sendiri area kewanitaan itu penting dengan membersihkan dengan cermat area kewanitaan saat menstruasi. Tapi bagi yang sudah melakukan kontak seksual, jangan lupa periksa ke dokter secara teratur untuk dilakukan upaya pencegahan kanker serviks, minimal 3 tahun sekali,” tutup dia. (Suara.com/Dinda Rachmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini