Wanita

Hamil Anak Pertama, Aura Kasih Ngidam Beras Mentah, Ini Efek Sampingnya

Aura Kasih mengaku ngidam beras mentah selama kehamilan anak pertamanya meskipun ada banyak efek samping mengerikan dari makan beras.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Aura Kasih saat menikah. (Instagram/@aurakasih)
Aura Kasih saat menikah. (Instagram/@aurakasih)

Himedik.com - Penyanyi cantik Aura Kasih terlihat bahagia dan tak sabar menunggu kelahiran anak pertama. Aura Kasih mengaku selama hamil anak pertamanya ia justru ngidam makan beras mentah.

Pelantun lagu 'Mari Bercinta' ini pun mengakui sendiri ngidam di kehamilan pertamanya ini cukup unik layaknya ayam yang suka makan beras mentah.

"Ngidam nggak sih. Tapi sering makanin beras saja. Kayak ayam boook. Beras mentah iya (sampai sekarang)," kata Ara Kasih di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, Jalan Jendral Gatot Subroto, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (27/5/2019) malam dilansir dari Suara.com.

Ia sendiri juga tak tahu mengapa sangat suka makan beras mentah selama hamil anak pertama. Aura Kasih merasa dirinya secara tiba-tiba saja kepikiran dan ingin makan beras.

"Kenapa beras, aku sendiri nggak tahu. Kalau nggak salah dari enam bulan deh sudah mulai kayak, kok pengin beras. Itu setiap makan, langsung makan beras," ucap Aura Kasih.

Ilustrasi jenis beras. (pixabay/ImageParty)
Ilustrasi jenis beras. (pixabay/ImageParty)

 

Jika Aura Kasih ngidam buah-buahan atau sayuran mentah selama hamil mungkin tak akan menajdi perhatian. Pasalnya, kabar tentang Aura Kasih yang ngidam beras mentah cukup menimbulkan rasa penasaran besar.

Menurut Buku Teks Bakteriologi Online Todar dilansir dari livestrong.com, bacillus cereus salah satu jenis bakteri yang menyebabkan keracunan makanan.

Bakteri bacillus cereus ini biasanya ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk beras mentah dengan strain berbeda yang terkait dengan jumlah manfaat dan efek samping.

Bakteri ini bersaing dengan bakteri lain di dalam sistem pencernaan sebagai probiotik yang mengurangi jumlah bakteri berbahaya seperti salmonnella.

Menurut Standart Makanan Australia dan Selandia Baru, bakteri bacillus cereus pada beras mentah bisa menghasilkan racun yang menyebabkan muntah dan mual dalam waktu 24 jam.

Selain itu, beras mentah juga mengandung lektin, protein yang berfungsi sebagai insektisida alami dengan afinitas kuat terhadap karbohidrat. Protein ini salah satu penyebab utama keracunan makanan.

Dalam jangka panjang, lektin dalam beras mentah ini juga dikaitkan dengan risiko perkembangan penyakit celiac, diabetes dan kanker kolorektal.

Berita Terkait

Berita Terkini