Wanita

Alami Glaukoma, Mak Nyak Sering Makan Durian, Ternyata Ini Manfaatnya!

Mak Nyak mengaku tidak sedang menderita penyakit yang serius.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Aminah Cendrakasih (Sumarni/Suara.com)
Aminah Cendrakasih (Sumarni/Suara.com)

Himedik.com - Terungkap kondisi kesehatan artis senior Aminah Cendrakasih atau Mak Nyak dalam film Si Doel . Kini ia mengaku tidak sedang menderita penyakit yang serius.

Mak Nyak mengaku tidak sedang menderita penyakit yang serius. Ia mengatakan hanya sakit tua mengingat usianya sudah 81 tahun.

"Sekarang sakit tua saja, pada pegel. Tapi badan nggak apa-apa," ujar Mak Nyak di kediamannya di kawasan Pinang, Tangerang, Selasa (28/5/2019) malam dilansir dari Suara.com.

Bahkan, Aminah Cendrakasih di usia 81 tahun ini pun masih sering makan durian dan daging kambing tanpa efek samping apapun.

"Aku nggak ada pantangan, aku makan durian, makan daging kambing oke. Aku nggak punya darah tinggi," katanya.

Tetapi, Mak Nyak juga diketahui mengidap penyakit glaukoma sejak lima tahun lalu. Akibatnya, ia pun kehilangan penglihatannya dan mengalami kelumpuhan sejak 7 tahun silam.

Buah durian. (Shutterstock)
Buah durian. (Shutterstock)

 

Perlu diketahui glaukoma adalah kerusakan saraf mata yang menyebabkan gangguan penglihatan dan kebutaan.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh tingginya tekanan bola mata. Ketika saraf mata mengalami kerusakan, maka sinyal yang disampaikan ke otak tentang apa yang kita lihat akan terganggu.

Hal itulah yang perlahan membuat penderita glaukoma mengalami kebutaan seperti yang dialami oleh pemeran Mak Nyak ini.

Meski begitu, kesukaan Mak Nyak mengonsumsi durian ternyata memang tidak menimbulkan efek samping pada penyakit glaukoma yang dideritanya. Sebab, buah durian justru baik untuk kesehatan mata manusia.

Ahli bedah mata, Jerru dan Por Yong Ming dilansir dari Asia One pernah meluncurkan sebuah buku yang membahas manfaat durian baik untuk kesehatan mata. Sebab, durian mengandung vitamin B tinggi yang bisa melawan katarak.

Selain itu, durian juga mengandung lutein yang berfungsi memerangi degenerasi makula, yakni penyakit mata yang cukup serius.

Para peneliti dilansir dari healthline.com juga telah melakukan riset beberapa jenis vitamin B yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata. Mereka menyebutkan vitamin B6, B9 dan B12.

Kombinasi vitamin B tersebut dapat menurunkan kadar homosistein, protein dalam tubuh yang mungkin bisa menyebabkan peradangan dan meningkatkan risiko Age Macular Degenration (AMD).

Berita Terkait

Berita Terkini