Wanita

Rambut Rontok? Pola Makan Ternyata Bisa Jadi Penyebabnya!

Rambut rontok bisa jadi tanda kekurangan zat besi.

Vika Widiastuti

Ilustrasi rambut rontok. (iStock)
Ilustrasi rambut rontok. (iStock)

Himedik.com - Rambut rontok memang kerap menyebalkan dan menyedihkan. Jika tak segera ditangani hal ini bisa menyebabkan kebotakan

Jadi tak heran, banyak yang tak segan menghabiskan banyak uang untuk melakukan perawatan rambut.

Namun, dilansir dari timesofindia, sains memiliki solusi mudah untuk menyelesaikan masalah penipisan rambut Anda, yaitu terkait pola makan.

Berdasarkan tinjauan penelitian pada 2006, telah ditemukan hubungan antara rambut rontok dengan kekurangan zat besi.

Meskipun penelitian tidak secara jelas menetapkan bahwa kekurangan zat besi dapat menyebabkan rambut rontok, diketahui bahwa penipisan rambut umum terjadi pada vegan atau vegetarian karena mereka mereka tidak makan produk hewani yang kaya akan zat besi.

Jadi, tak bisa diabaikan bahwa rambut rontok bisa jadi tanda kekurangan zat besi.

Zat besi diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah dan membentuk hemoglobin. Pada akhirnya bisa menyebabkan kekurangan oksigen dalam tubuh, yang diperlukan rambut untuk tumbuh.

(Shutterstock)
(Shutterstock)

Kekurangan nutrisi tersebut biasanya terjadi pada vegan dan vegetarian. Mereka perlu makan lebih banyak makanan yang mengandung zat besi untuk memenuhi tingkat asupan zat besi yang direkomendasikan setiap hari.

1. Zat besi heme, yang terdapat dalam makanan hewani.
2. Zat besi non-heme, ditemukan pada bahan makanan nabati dan hewani.

Tubuh manusia pada dasarnya bisa menyerap zat besi heme lebih baik dibanding zat besi non-heme. Hal ini menjadi alasan mengapa vegetarian membutuhkan hampir dua kali lipat zat besi dibandingkan dengan yang bukan vegetarian. Brokoli, kacang-kacangan, sayuran berdaun gelap, dan quinoa merupakan beberapa makanan yang kaya akan zat besi.

Selain itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen zat besi setelah berkonsultasi dengan dokter.

Namun, perlu digarisbawahi, zat besi tidak sepenuhnya jadi penyebab kebotakan atau kerontokan rambut. Stres, penuaan, obat-obatan, perubahan hormon merupakan beberapa alasan lainnya.

Meskipun kerontokan rambut Anda tidak berhubungan dengan kekurangan zat besi, tetapi tidak ada salahnya memiliki diet yang seimbang.

Berita Terkait

Berita Terkini