Wanita

Jangan Sedih, Jerawat Justru Lindungi Kulit Wajah dari Penuaan Dini!

Studi menemukan bahwa kulit wajah yang berjerawat justru terbebas dari masalah penuaan dini.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi jerawat - (Pixabay/Kjerstin_Michaela)
Ilustrasi jerawat - (Pixabay/Kjerstin_Michaela)

Himedik.com - Kulit wajah berjerawat sering kali menjadi hal paling menakutkan dan tidak disukai wanita. Padahal wanita dengan wajah berjerawat sudah saatnya bersyukur karena kondisi ini menguntungkannya.

Karena, wajah berjerawat tidak semata memberikan kita dampak buruk jika dilihat secara jangka panjang. Jerawat bisa memberikan manfaat positif pada kulit wajah kita dalam waktu yang lama.

Melansir dari Bright Side, jerawat dapat melindungi kulit Anda dari penuaan, meskipun proses penuaan kulit setiap orang berbeda-beda.

Para ilmuwan telah mengakui fakta ini dengan mengaitkan antara kulit berjerawat dengan telomer. Telomer ibarat plastik yang melindungi kromosom kulit Anda agar tidak rusak.

Setiap kali sel membelah, telomer akan melindunginya dan hal ini memiliki kaitan dengan penuaan.

Ilustrasi penuaan dini, keriput. (Shutterstock)
Ilustrasi penuaan dini, keriput. (Shutterstock)

 

Sehingga ilmuwan berpendapat kalau orang dengan kulit berjerawat justru beruntung karena terhindar dari masalah penuaan yang terlalu cepat.

Karena, sel-sel kulit mereka mungkin lebih terlindungi dari tanda-tanda penuaan seperti keriput dan penipisan kulit.

Melalui studi ini, peneliti melakukan riset terhadap 1.205 wanita kembar dengan masalah jerawat dan bagaimana cara mereka mengatasinya.

Lalu para peneliti berusaha mengukur panjang telomer mereka. Menurut hasil survei, sekitar seperempat wanita kembar yang memiliki masalah jerawat juga memiliki telomer yang lebih panjang dari wanita lain.

Oleh karena itu, para peneliti menyimpulkan wanita berjerawat cenderung memiliki telomer lebih panjang. Sehingga mereka juga akan mengalami penuaan lebih lambat alias lebih awet muda.

Berita Terkait

Berita Terkini