Wanita

Gadis 10 Tahun Mendadak Kejang-kejang dan Pingsan Saat Rambutnya Disisir

Karena penyakit itu, Gracie dan orang di sekitarnya harus sangat berhati-hati ketika menata rambutnya.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi menata rambut. (Pixabay/burnnet)
Ilustrasi menata rambut. (Pixabay/burnnet)

Himedik.com - Saat rambutnya sedang ditata, seorang gadis berusia 10 tahun tiba-tiba kejang-kejang hingga pingsan, apa yang terjadi?

Kejadian ini bermula ketika gadis bernama Gracie Brown menginap di rumah kerabatnya, Alicia Renee Philips yang merupakan seorang guru matematika karena berniat pergi ke gereja bersama.

Pagi hari sebelum berangkat ke gereja, Philips membantu Gracie menata rambutnya. Tetapi, ia seketika terkejut ketika Gracue mendadak pingsan dan kejang-kejang.

Awalnya, Philips mengira Gracie hanya bercanda karena beberapa kali terjatuh sampai akhirnya mengalami kejang-kejang.

"Gracie itu anak yang sangat bersemangat ketika rambutnya disisir dan dikepang. Tapi setelah 4 menit rambutnya disisir, Gracie mendadak jatuh ke depan dan aku kira hanya bercanda. Tapi ketika kedua kalinya dia terjatuh tiba-tiba mengeluarkan suara seperti tercekik (tersedak)," kata Philips dikutip dari Daily Mail.

Philips segera menghubungi orang tua Gracie dan ia diminta mengecek suhu tubuh anak tersebut. Tak lama kemudian, kondisi Gracie terlihat semakin memburuk.

Ilustrasi perempuan sisiran. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi perempuan sisiran. (Sumber: Shutterstock)

 

Gracie mendadak pingsan dan bibirnya berubah menjadi biru. Bahkan matanya hampir seluruhnya putih karena bola matanya mengarah ke atas.

"Dia seketika tidak responsif dan tidak bergerak. Saya menjadi sangat takut," katanya.

Philips pun segera membawa Gracie ke rumah sakit karena mengira anak tersebut sedang sekarat. Setelah mendapat pertolongan medis, kondisi Gracie perlahan pulih dan membaik.

Gracie mengaku mendengar kepanikan orang di sekitarnya ketika kejang-kejang dan pingsan, tetapi ia tidak bisa memberikan respons apapun.

Menurut pemeriksaan dokter, Gracie menderita sinkop penataan rambut, yakni kejang-kejang seperti epilepsi ketika rambut mereka ditata yang termasuk jenis penyakit langka.

Karena penyakit itu, Gracie dan orang di sekitarnya harus sangat berhati-hati ketika menata rambutnya.

Bahkan dokter menyarankan Gracie untuk duduk istirahat ketika sudah merasa mual dan lemas saat rambutnya ditata.

Dr Alison Tothy, seorang profesor di University of Chicago mengatakan kondisi ini mungkin dipengaruhi oleh rasa sakit akibat tarikan yang merangsang kulit kepala dan tubuh terasa seperti akan pingsan.

Sebuah penelitian di University of Nevada menemukan banyak anak perempuan yang lebih rentan dengan kondisi ini karena lebih sensitif ketika rambutnya disisir atau diikat.

Biasanya kondisi ini akan menimbulkan gejala seperti mual, pusing, berkeringat, penglihatan kabur dan pingsan.

Berita Terkait

Berita Terkini