Wanita

Nunung Pakai Narkoba Jenis Sabu, Ternyata Efeknya Lebih Berat bagi Wanita!

Konsumsi narkoba jenis sabu ternyata memberikan efek yang jauh lebih berat dan berisiko pada wanita.

Rima Sekarani Imamun Nissa | Shevinna Putti Anggraeni

Nunung Srimulat saat ditangkap polisi di kediamanya Tebet Timur III, Jakarta, Jumat (19/7). (Suara.com/dok.polisi)
Nunung Srimulat saat ditangkap polisi di kediamanya Tebet Timur III, Jakarta, Jumat (19/7). (Suara.com/dok.polisi)

Himedik.com - Penangkapan komedian Nunung menambah daftar artis wanita terjerat kasus narkoba. Nunung tertangkap tangan mengonsumsi narkoba jenis sabu yang efeknya diketahui jauh lebih besar pada wanita.

Berdasarkan hasil pemeriksaan urine, Nunung Srimulat terbukti positif mengonsumsi narkoba jenis sabu. Dia mengaku telah mengonsumsinya selam 5 bulan terakhir.

Padahal penggunaan narkoba lebih berisiko pada wanita daripada pria. Penelitian di Columbia dan Yale, dilansir dari US News, menemukan wanita lebih mudah kecanduan dan rentan terhadap penggunaan narkoba.

Berikut lima alasan wanita lebih rentan terhadap penyalahgunaan narkoba daripada pria meski sama-sama merasakan efek yang buruk.

1. Lebih rentan gangguan mental

Wanita yang mengonsumsi narkoba lebih rentan menderita gangguan mental seperti depresi dan kecemasan pada tingkat yang signifikan daripada pria.

Sebuah studi telah menyimpulkan bahwa wanita 40 persen lebih mungkin mengalami masalah kesehatan mental ketimbang pria akibat penyalahgunaan obat-obatan narkotika.

Ilustrasi daun ganja. (Shutterstock)
Ilustrasi daun ganja. (Shutterstock)

2. Memengaruhi estrogen

Studi 2014 di Washington State University menemukan bahwa narkoba lebih berpengaruh tinggi pada kadar estrogen tikus betina. Bahan aktif dalam narkoba meningkatkan kecemasan, paranoia, dan kecanduan.

3. Lebih berisiko trauma dan mengalami diskriminasi

Pengunaan narkoba biasanya juga bersamaan dengan fenomena sosial bahwa wanita bersangkutan mengalami trauma atau diskriminasi. Hal itu mengingat wanita memang lebih rentan mengalami kondisi tersebut sehingga akhirnya menyebabkan stres berat.

Ilustrasi alat penghisap narkoba - (Unsplah/@matthew_t_rader)
Ilustrasi alat penghisap narkoba - (Unsplah/@matthew_t_rader)

4. Rasa sakit berlebihan

Para ilmuwan yang telah meneliti kasus ini juga menemukan wanita lebih banyak mengalami rasa sakit di sekujur tubuh daripada pria setelah mengonsumsi narkoba. American Society of Addiction Medicine pun melaporkan bahwa wanita lebih mungkin mengalami nyeri kronis.

5. Mudah ketergantungan

Menurut peneliti Lauren C. Balmert dari University of Pittsburgh, wanita lebih rentan mengalami kecanduan narkoba lagi selama atau setelah proses pengobatan. Hal itu karena tingkat ketergantungan wanita lebih tinggi daripada pria.

Itulah lima alasan wanita lebih rentan terhadap penyalahgunaan narkoba daripada pria meski sama-sama merasakan efek yang buruk.

Berita Terkait

Berita Terkini