Wanita

Sang Ibu Jalani Kemoterapi Kanker Usus, Ini yang Dikhawatirkan Kiki Farrel

Obat yang digunakan selama kemoterapi memang dapat menimbulkan efek samping, apa saja?

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ibu Kiki Farrel menderita kanker usus lagi (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)
Ibu Kiki Farrel menderita kanker usus lagi (Suara.com/Wahyu Tri Laksono)

Himedik.com - Pesinetron Kiki Farrel mengabarkan ibunya baru saja menjalani operasi kanker usus dan sekarang sedang menjalani perawatan kemoterapi untuk yang kedua kalinya.

Sebelumnya, pada 2017 hingga 2018, Mama Dahlia sudah pernah menjalani operasi dan kemoterapi. Tetapi pada April lalu kanker ususnya kambuh dan harus operasi yang kedua kalinya.

"September 2, 2019. Kemo pertama. Jadi mama di masukan 3 obat.... hari ini kemo diruang khusus kemo. Dan malam nanti berlanjut di ruang rawat kemonya.."

"Kemo kali ini memang berbeda, 2 tahun lalu kemo hanya beberapa jam lalu pulang dan minum obat setiap hari sebelum kemo berikutnya.. tapi kali ini perlu di rawat inap dan tidak minum obat lagi selama menunggu kemo selanjutnya.."

"Semoga mama kondisinya kuat jadi tidak terlalu drop pasca kemoterapi.. sebenarnya sih ga tega karena obat kemo itu kan ada efek sampingnya juga. Tapi gimana. Ini adalah jalannya untuk menuju kesembuhan," tulis Kiki Farrel di unggahannya.

Ibu Kiki Farrel menderita kanker usus (Instagram/Kiki farrel)
Ibu Kiki Farrel menderita kanker usus (Instagram/Kiki farrel)

Berdasarkan Bowel Cancer UK, obat yang digunakan selama kemoterapi bertujuan untuk membunuh sel kanker.

Biasanya, kemoterapi akan dilakukan apabila kanker usus sudah memasuki tahap 2. Kemoterapi akan dilakukan baik setelah maupun sebelum operasi untuk stadium lanjut (tahap 4) ketika kanker telah menyebar ke organ lainnya.

Ada beberapa obat kemoterapi kanker usus yang umum digunakan, termasuk Fluorouracil (5FU), Capecitabine (Xeloda), Oxaliplatin (Eloxatin) dan Irinotecan (Campto).

Setiap obat atau kombinasi kemoterapi memiliki efek sampingnya sendiri.

Mual dan muntah adalah dua efek samping paling umum dari pengobatan kanker. Sekitar 50% orang yang menjalani kemoterapi untuk kanker usus akan mengalami mual dan muntah.

Namun untuk risiko lain yang umum adalah merasakan dan menjadi sakit, peningkatan risiko infeksi, mulut yang terasa sakit, diare hingga kerusakan saraf di tangan atau kaki (neuropati perifer).

Melihat kondisi ibunda Kiki yang sedang menjalani perawatan, mari kita doakan agar Mama Dahlia lekas sembuh.

Berita Terkait

Berita Terkini