Wanita

Syahnaz Sadiqah Kekurangan Zat Besi, Konsumsi Makanan ini Selama Hamil!

Makanan yang bisa memenuhi kebutuhan zat besi ibu hamil seperti Syahnaz Sadiqah agar tidak kekurangan.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Syahnaz Sadiqah kekurangan zat besi saat hamil 4 bulan (Instagram/@syahnazs)
Syahnaz Sadiqah kekurangan zat besi saat hamil 4 bulan (Instagram/@syahnazs)

Himedik.com - Memasuki kehamilan trimester kedua, Syahnaz Sadiqah justru mengeluh sering pusing beberapa hari belakangan. Ternyata adik Raffi Ahmad itu mengalami kekurangan zat besi dan Hb rendah di kehamilan pertamanya ini.

Karena itu, Syahnaz langsung memutuskan infus zat besi di rumah sakit dan mengunggahnya di Instastory. Saat itu Syahnaz memperlihatkan tangannya yang sedang diinfus zat besi.

"Selesai syuting langsung ke rumah sakit buat infus zat besi. Karena kemarin hasil darahnya, aku kekurangan zat besi dan Hb aku rendah," kata Syahnaz melalui unggahan Instastory-nya.

Perlu Anda ketahui kekurangan zat besi pada ibu hamil memang umum terjadi. Karena, kebutuhan zat besi pada ibu hamil dua kali lipat dari biasanya untuk memasok oksigen ke bayi.

Jika Anda mengalami kekurangan zat besi selama kehamilan, penting untuk mengunjungi dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Biasanya minum suplemen atau infus zat besi akan disarankan.

Momen babymoon Syahnaz Sadiqah. (Instagram/@syahnazs)
Momen babymoon Syahnaz Sadiqah. (Instagram/@syahnazs)

 

Selain tindakan medis, Anda juga perlu menjaga asupan zat besi melalui makanan sehari-hari selama hamil. Melansir dari American Pregnancy, Anda harus lebih banyak mengonsumsi sayuran hijau, daging merah, unggas, kacang-kacangan, buah dan sereal.

Konsumsi makanan yang kaya vitamin C seperti buah jeruk, kiwi, stroberi hingga tomat juga diperlukan untuk membantu proses penyerapan zat besi dalam tubuh.

Perlu diketahui pula zat besi dalam sayuran hijau termasuk yang sulit diserap tubuh jika dibandingkan dengan daging merah. Karena itu proses penyerapannya butuh vitamin C.

Dalam kondisi ini, Anda juga perlu mengurangi asupan kalsium. Meskipun kalsium merupakan nutrisi penting selama kehamilan. Kalsium bisa menurunkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

Berita Terkait

Berita Terkini