Wanita

Wanita Ini Bebas HIV Meski Suaminya Positif, Kok Bisa?

Seorang wanita tidak tertular HIV meski sudah pernah berhubungan seks dengan suaminya yang positif.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi berhubungan seks. (PIxabay/niekverlaan)
Ilustrasi berhubungan seks. (PIxabay/niekverlaan)

Himedik.com - Seorang wanita asal Malaysia membagikan pengalamannya menikah dengan penderita HIV/AIDS melalui media sosial Twitter. Setelah 6 tahun menikah, ia mengaku tidak tertular virus HIV dari suaminya meski sudah pernah berhubungan seks.

Melalui akun Twitter @Suamikuhivpoz, ia berkata jika hubungan mereka baik-baik saja. Selain itu, hingga saat ini dirinya dinyatakan negatif HIV/AIDS meski sudah berhubungan seksual serta menikah selama 6 tahun.

"Ya, saya HIV negatif, dan sudah hampir enam tahun sekarang, sejak tinggal bersama suami saya yang HIV +. Dengan menjalani perawatan HAART (bentuk terapi antiretroviral yang banyak digunakan untuk mengobati orang dengan HIV, virus yang menyebabkan AIDS), kami hidup seperti pasangan menikah normal," tulisnya.

Selain wanita asal Malaysia ini, Anda mungkin sudah sering mendengar cerita seseorang tidak tertular HIV setelah berhubungan seksual dengan pasangannya yang positif. Bagaimana seseorang bisa tidak tertular setelah berhubungan seks dengan orang positiv HIV?

Melansir dari webmd, Anda bisa melakukan hubungan seks yang baik dan sehat dengan pasangan positif HIV. Salah satunya, Anda atau pasangan harus menggunakan pelindung saat berhubungan intim.

Cuitan wanita menikah dengan pria positif HIV/AIDS. (Twitter/@Suamikuhivpoz)
Cuitan wanita menikah dengan pria positif HIV/AIDS. (Twitter/@Suamikuhivpoz)

Karena, hubungan seks tanpa pelindung atau pria tanpa kondom lebih mudah menularkan virus HIV. Perlu dipahami, penularan virus HIV dapat melalui cairan tubuh, seperti darah, air mani, cairan vagina dan anal.

Selain penggunaan pengaman, ada pula cara lainnya yang membuat pasangan negatif dan positif HIV berhubungan seks dengan aman meski tanpa pengaman.

Pasangan yang dinyatakan positif HIV harus mengonsumsi obat-obatan secara rutin, termasuk Terapi antiretroviral (ART), untuk dapat mempersulit penularan virus HIV ketika berhubungan intim.

Wanita Ini Bebas HIV Meski Suaminya Positif, Kok Bisa? - 2
Ilustrasi HIV. (Shutterstock)

Jika viral load turun ke tingkat yang tidak terdeteksi, penelitian mengatakan bahwa ada sedikit bahkan tidak ada risiko seseorang menularkan virus HIV ke orang lain atau pasangan.

"Kami selalu memberi tahu orang untuk menggunakan lebih dari satu bentuk perlindungan, seperti pengobatan rutin dan penggunaan kondom," kata Brad Hare, direktur divisi HIV/AIDS Universitas California, San Francisco di Rumah Sakit Umum San Francisco.

Berita Terkait

Berita Terkini