Wanita

Nekat Tunda Persalinan demi 'Tanggal Bagus', Wanita Ini Bahayakan Bayinya

Padahal kondisi buah hatinya gawat.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Ilustrasi ibu hamil (Unplash/@fomaolea)
Ilustrasi ibu hamil (Unplash/@fomaolea)

Himedik.com - Saat banyak perempuan yang tak sabar menunggu kelahiran buah hatinya, beberapa justru ingin melahirkan anaknya ditanggal cantik. Namun, seorang wanita di Taiwan ini nekat menunda persalinan demi melahirkan di tanggal yang diinginkan.

Wanita bernama Chen Li ini menolak untuk melakukan operasi caesar karena keyakinannya, meski sebenarnya ia bisa saja membahayakan nyawa buah hatinya sendiri.

Chen Li telah hamil selama 37 minggu dan dirawat di rumah sakit sejak 17 September 2019.

Ketika diperiksa melalui USG, dokter mengungkapkan janin Chen Li kemungkinan akan mengalami kelahiran berisiko tinggi, melihat tali pusar sang janin sudah terbuka.

Sang dokter juga melaporkan, menurut China Press, sang janin berisiko tinggi menderita hipoksia intrauterin atau kekurangan oksigen, serta aspirasi pneumonia.

Jika hal ini tidak segera diatasi dapat menyebabkan kematian janin.

Atas dasar kondisi ini, dokter menjadwalkan persalinan Chen Li pada malam harinya untuk menyelamatkan sang bayi. Tetapi ide ini justru ditolak mentah-mentah.

Ilustrasi melahirkan (Pixabay/9092)
Ilustrasi melahirkan (Pixabay/9092)

"Keluargaku telah memilih tanggal yang bagus untuk kelahiran bayiku. Itu dua hari lagi, pada 20 September. Ini adalah waktu yang paling baik untuk kelahiran anakku," ujar Chen Li.

Tentu saja dokter menyarankan untuk tidak menundanya karena peluang bayi untuk hidup sangat tipis, tetapi Chen Li bersikeras.

Akhirnya pada 18 September 2019, Chen Li menandatangani dokumen yang membebaskan rumah sakit dari semua tanggung jawab jika terjadi kecelakaan karena keputusannya.

Hingga akhirnya keparahan kondisi menyadarkan Chen Li dan setuju untuk melakukan operasi bedah caesar darurat.

"Kulit bayi menjadi agak biru dan sudah mengalami kekurangan oksigen ringan," jelas sang dokter yang tidak disebutkan namanya itu.

Menurut sang dokter, ini bukan pertama kalinya seorang wanita menunda persalinan hanya untuk menunggu 'tanggal baik'. Sebab ini sudah menjadi kepercayaan tradisional bahwa anak-anak yang dilahirkan pada hari keberuntungan akan menjalani kehidupan yang baik.

Sebagai akibatnya, komplikasi mungkin timbul ketika mencoba merencanakan sekitar tanggal yang menguntungkan ini.

Berita Terkait

Berita Terkini