Wanita

Ashanty Derita Penyakit Autoimun, Makanan ini Bisa Mengatasinya!

Penyanyi Ashanty baru-baru ini dikabarkan tengah menderita penyakit autoimun.

Vika Widiastuti | Shevinna Putti Anggraeni

Ashanty. (Instagram/@ashanty_ash)
Ashanty. (Instagram/@ashanty_ash)

Himedik.com - Belakangan penyanyi Ashanty dikabarkan tengah menderita penyakit autoimun. Ashanty pun sempat menceritakan gejala dan prosesnya mengatahui penyakit autoimun yang dideritanya.

"Diagnosa awal kaget banget, aku kena autoimun sesuatu yg ngga pernah saya bayangkan, denger nya aja serem.. googling aja tadi ngeri2 banget," tulis Ashanty.

Selain Ashanty, komedian Raditya Dika juga pernah dikabarkan menderita penyakit autoimun. Seperti yang diketahui penyakit autoimun adalah kondisi di mana sistem kekebalan tubuh seseorang secara keliru menyerang dan merusak jaringan tubuhnya sendiri.

Penyakit ini termasuk yang sulit didiagnosis sejak awal. Bahkan kondisi ini bisa membuat seseorang merasa lelah, frustasi hingga lemah.

Melansir dari Food Revolution, tercatat sebanyak 700 juta orang di seluruh dunia menderita gangguan autoimun. Di Amerika Serikat sendiri, penyakit autoimun termasuk kategori penyakit paling umum ketiga, setelah kanker dan penyakit jantung.

Ashanty
Ashanty

 

Biasanya, penyakit ini lebih rentan terjadi pada wanita. Tetapi, belum diketahui pula penyebab pasti autoimun selain genetika, infeksi dan faktor lingkungan.

Jika Anda penderita autoimun, sudah sebaiknya memperhatikan aturan makan untuk menekan penyakitnya. Beberapa makanan bersifat anti-radang dipercaya bisa mendukung tubuh mempertahankan respons imun yang tepat.

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung, sawi, kol dan brokoli termasuk kelompok pembangkit nutrisi yang kaya kalsium. Selain itu, sayuran hijau juga memiliki banyak vitamin dan mineral baik untuk kesehatan.

2. Jamur

Jamur juga memiliki sifat antiinflamasi yang bagus untuk memerangi autoimun. Sebuah studi tahun 2005 yang diterbitkan dalam Mediator of Inflammation, menemukan bahwa jamur dapat meningkatkan aktivitas antikanker, menekan penyakit autoimun dan membantu meredakan alergi.

Ilustrasi jamur shiitake. (Shutterstock)
Ilustrasi jamur shiitake. (Shutterstock)

 

3. Bawang

Bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat kesehatan ini juga baik bagi penderita autoimun. Karena, bawang mengandung quercetin dan antioksidan yang terbukti menghambat leukotrien. Di mana leukotrien adalah penyebab peradangan, prostaglandin dan histamin pada osteoarthritis (OA) dan rheumatoid arthritis (RA).

4. Labu

Labu salah satu sayuran yang baik untuk penderita autoimun karena bersifat anti-inflamasi. Selain itu, labu juga mengandung asam lemak (seperti omega 3) dan antioksidan, termasuk zeaxanthin, lutein dan beta-karoten.

5. Lobak dan rutabaga

Sayuran akar seperti lobak ini dikemas dengan bahan-bahan positif dan berbagai antioksidan, seperti glukosinolat dan karotenoid. Sayuran ini juga menawarkan vitamin C, potasium, magnesium, seng, zat besi dan lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini