Wanita

Ketahui Pemulihan Prosedur Kuret, Seperti yang Dilakukan Istri Denny Cagur

Shanty menjalani proses kuret setelah program bayi tabung yang dijalaninya dinyatakan tidak berhasil lantaran embrio tidak berkembang.

Vika Widiastuti | Rosiana Chozanah

Denny Cagur bersama sang istri. (Instagram/@shantydenny)
Denny Cagur bersama sang istri. (Instagram/@shantydenny)

Himedik.com - Istri komedian Denny Cagur,  Shanty, mengaku dirinya baru saja menjalani proses kuret. Dan ia mengaku kondisinya sudah mulai membaik.

"Jadi tanggal 11 malam kuret dan alhamdulillah sekarang sudah pulih," kata Shanty dalam vlognya pada Selasa (15/10/2019).

Shanty menjalani proses kuret setelah program bayi tabung yang dijalaninya dinyatakan tidak berhasil lantaran embrio tidak berkembang.

"Jadi di tanggal 4 terakhir aku kontrol, dokter bilang kalau embrionya tidak berkembang, itu berarti di usia kehamilan aku 7 minggu. Dan dokter menyarankan untuk kuret, tapi dokter memberikan keleluasaan silahkan ditunggu aja San gitu, tapi perkiraan dokter embrionya memang tidak berkembang," sambung Shanty.

Kuret, yang dalam bahasa medis disebut dengan dilasi dan kuretase merupakan prosedur operasi yang sering dilakukan setelah wanita mengalami keguguran pada usia kandungan trimester pertama.

Shanty (Instagram)

Melansir Hello Sehat, setelah menjalani prosedur dilasi dan kuretasi, seseorang juga akan merasa sedikit sakit. Mereka akan merasa kram dan mengalami pendarahan kecil, seperti bercak darah.

Proses pemulihan dilasi dan kuretase ini tergantung pada jenis prosedur yang dilakukan serta jenis anastesi yang diberikan.

Umumnya, pemulihan dapat terjadi dalam waktu beberapa jam saja atau bisa lebih dari sehari.

Pakar medis menyarankan untuk tidak melakukan hubungan intim terlebih dahulu selama dua minggu setelah prosedur ini atau sampai pendarahan berhenti.

Tidak hanya itu, aktivitas juga perlu dibatasi. Misalnya tidak melakukan aktivitas berat atau mengangkat beban berat.

Berita Terkait

Berita Terkini