Wanita

Payudara Gatal Berkaitan dengan Kanker, Fakta atau Mitos?

Ini penjelasan dokter soal payudara gatal.

Vika Widiastuti

Ilustrasi payudara - (Shutterstock)
Ilustrasi payudara - (Shutterstock)

Himedik.com - Ada kabar simpang siur yang mengatakan bahwa payudara yang gatal berkaitan dengan kanker payudara. Apakah benar atau hanya mitos?

Dr Clare Morrison, dokter umum dan penasihat medis di Medexpress, mengatakan bahwa payudara gatal tidak perlu membuatmu panik.

Ia menjelaskan bahwa memang benar bahwa gatal pada payudara bisa menjadi tanda kanker payudara. Namun ini sangatlah jarang.

"Payudara yang gatal terjadi ketika ada iritasi pada kulit. Ini mungkin karena pembengkakan atau radang payudara, seperti pada kehamilan, perubahan pramenstruasi, atau obat hormon, termasuk kontrasepsi,' jelasnya seperti dikutip dari Metro.

Seperti bagian tubuh lainnya, kulit payudara mengalami gangguan kulit, seperti kekeringan, eksim (juga dikenal sebagai dermatitis), psoriasis, alergi, gigitan serangga, dan infeksi.

Payudara perempuan. (shutterstock)
Payudara perempuan. (shutterstock)

 

Dr Clare menambahkan bahwa gatal di antara payudara umumnya disebabkan oleh panas berlebihan dan berkeringat. Ini dapat menyebabkan ruam keringat, jerawat, dan infeksi jamur.

"Penting untuk memakai bra yang pas dan terasa nyaman. Di bawah payudara, kelembapan yang terperangkap mendorong infeksi kulit, yang bisa berupa bakteri atau jamur. Ruam gatal yang terjadi di antara lipatan kulit seperti ini, dikenal sebagai intertrigo," ujarnya.

Meski begitu, jika terlihat ada perubahan yang terus-menerus pada kulit payudara, penting untuk memeriksakannya ke dokter.

Terlebih jika gatal disertai dengan gejala yang lebih mengkhawatirkan seperti benjolan, lesung kulit, pembalikan puting susu, atau rasa sakit lainnya. (Suara.com/Yasinta Rahmawati)

Berita Terkait

Berita Terkini