Wanita

Hailee Steinfeld Lakukan Crunch Setiap Hari, Ini Manfaat Baiknya

Crunch baik untuk membentuk otot perut.

Yasinta Rahmawati

Hailee Steinfeld. (Instagram/@haileesteinfeld)
Hailee Steinfeld. (Instagram/@haileesteinfeld)

Himedik.com - Demi menjaga tubuh selalu fit, aktris Hailee Steinfeld mengaku melakukan 3.000 gerakan crunch dalam sehari.

"Setiap hari, 3.000 kali," kata aktris berusia 22 tahun tersebut saat mempromosikan film terbarunya Dickinson di acara The Kelly Clarkson Show.

Sepintas, gerakan crunch mirip dengan sit up karena dilakukan dalam posisi berbaring. Bedanya terletak di mana rentang gerakannya lebih sempit dan posisi kaki tidak menapak ke lantai, melainkan diangkat bersama-sama dengan tubuh bagian atas.

Seperti dilansir dari Live Strong, rentang kecil gerakan crunch mampu melatih inti tubuh tanpa menekan punggung seperti sit up. Berikut manfaat rutin yang didapat jika rutin mrlakukan crunch.

1. Membangun daya tahan otot
Seperti sit up, crunch membantu membangun daya tahan yang penting di otot-otot perut. Daya tahan otot adalah kemampuan serat-serat tersebut bekerja melawan resistensi untuk waktu yang lama.

Bahkan, sebuah studi tahun 2015 yang diterbitkan dalam Journal of Sports Medicine and Physical Fitness mengungkapkan hanya dengan melakukan crunch satu hari tiap minggunya, akan meningkatkan daya tahan perut.

Olahraga crunch dengan dumbbell. (shuttestock)
Olahraga crunch dengan dumbbell. (shuttestock)

 

2. Baik bagi yang ingin six pack
Tak hanya daya tahan, crunch juga baik untuk membentuk otot. Tetapi tidak seperti sit up yang harus mengerahkan punggung belakang, crunch hanya bekerja di bagian otot perut. Isolasi otot yang intens ini menjadikannya latihan yang populer bagi orang yang berusaha mendapatkan perut six pack.

3. Meningkatkan keseimbangan tubuh
Aktivitas crunch sangat ideal untuk memperkuat inti tubuh, yang mencakup otot punggung bawah dan obliques. Melakukannya secara rutin dapat meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh Anda.

 

Berita Terkini